Usia Berapa Balita Belajar Membaca?

Usia berapa balita belajar membaca?, itulah pertanyaan sebagian besar orang tua dalam perkembangan usia anak mereka. Belajar membaca menjadi kegiatan baru yang menyenangkan bagi anak jika diberikan pada usia yang tepat. Hal tersebut terjadi karena ketika usia anak sudah siap untuk diajak belajar membaca, tentu mereka akan mudah menyerap beragam cara orang tuanya untuk melatihnya membaca. Selain itu, perkembangan otak anak pun akan menjadi faktor penentu mudah atau tidaknya mereka diajari membaca.

Pertanyaan tersebut sering dipertanyakan seiring dengan bertambah canggihnya kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Anak yang sudah belajar membaca sejak dini, mereka akan memiliki kemampuan lebih baik daripada anak lain seusianya. Beberapa kelebihan belajar membaca sejak dini pun akan dapat diperoleh anak jika mereka siap dan berhasil dalam proses belajar membacanya.

Kelebihan Belajar Membaca Pada Anak Usia Dini

Adanya pertanyaan, usia berapa balita belajar membaca? merupakan hal penting yang harus diketahui jawabannya. Jawaban tersebut tentu akan banyak memotivasi orang tua dalam mempersiapkan diri untuk melatih belajar membaca anak-anaknya yang balita. Selain itu, ketika anak sudah diajak untuk belajar sejak dini, maka hal tersebut juga memberikan pengaruh pada prestasi yang mereka miliki.
Berikut ini kelebihan belajar membaca pada anak usia dini, diantaranya:

  • Jika anak sudah dibiasakan untuk belajar membaca sejak usia dini, maka mereka akan memiliki kemampuan ataupun prestasi yang lebih baik dari berbagai segi daripada anak usia di atas mereka seperti usia sekolah dasar maupun usia sekolah menengah pertama. Prestasi tersebut dapat berupa bidang akademik maupun non akademik.
  • Anak yang sudah mulai sejak dini diajak belajar membaca, biasanya berasal dari orang tua yang perhatian dengan perkembangannya. Ini menunjukkan kelebihan belajar membaca pada anak sejak usia dini menjadi prestasi baik bagi orang tuanya dalam hal perhatian terhadap perkembangan anak utamanya.

Tahapan Belajar Membaca Pada Anak Usia Dini

Selanjutnya hal yang juga mendukung belajar membaca sejak anak usia dini yaitu tahapan usianya. Sehingga dalam tahapannya dapat diketahui jawaban dari pertanyaan, usia berapa sebaiknya balita belajar membaca?.

Berikut ini tahapan belajar membaca sejak anak usia dini :

  1. Tahap anak pada waktu masih menjadi janin dalam kandungan ibunya.
    Jika anak sejak dalam kandungan atau masih dalam kondisi menjadi janin dibiasakan mendengakan ibunya cerita, berbincang dengannya, maka akan memberikan pengaruh positif. Pengaruh positif yang dimaksud misalnya yaitu terwujud jalinan kasih sayang dan kedekatn emosi antara anak dengan ibu utamanya.
  2. Tahap anak pada usia bayi.
    Ketika anak masih berada pada usia bayi, maka inilah waktu yang tepat untuk menstimulusnya dengan bacaan dalam kondisi tubuh terjaga atau tidak tidur serta nyaman. Teknik yang sesuai yaitu belajar membaca sambil bermain agar anak menyukai buku.
  3. Tahap anak pada usia 1 tahun.
    Pada tahap ini, orang tua sudah dapat memulai melatih anak mendengarkan cerita dari buku cerita setiap hari sebanyak satu kali. Orang tua juga sudah dapat mengenalkan adanya bentuk dari huruf alfabet, bentuk benda maupun angka.
  4. Tahap anak pada usia 2-3 tahun.
    Pada usia 2-3 tahun, anak masih belum dapat membaca. Karenanya, orang tua maih membacakannya buku cerita serta mengajaknya berbincang seperti tanya jawab yang memiliki target. Pada usia ini, anak semakin pandai mengenal bentuk benda. Orang tua dapat mengkolaborsikan antara cerita pada buku cerita dengan bentuk benda.
  5. Tahap anak pada usia 4-5 tahun.
    Usia 4-5 tahun, anak sudah mengeal alfabet jika sejak dini telah dikenalkan. Orang tua dapat melatih membaca anak melalui kata dasar sederhana yang memiliki makna dan mudah dikenali anak melalui benda di sekitarnya.
  6. Tahap anak pada usia 5 tahun ke atas.
    Anak sudah mulai dapat membaca. Orang tua dapat meningkatkan porsi belajar membaca anaknya dengan meminta anak membaca serta mengulang isi cerita buku yang dibacanya.

Semoga Anda mudah dalam memahami artikel mengenai usia berapa balita belajar membaca ini sehingga anak sejak usia dini dapat belajar membaca.