Tips Tidak Panik Ketika Si Kecil Demam

Buah hati adalah tumpuan harapan keluarga. Oleh karena itu perawatan buah hati adalah sebuah hal yang paling diutamakan oleh setiap orang tua. Namun ketika terjadi ketidakberesan di dalam diri buah hati, sebagai contoh pada waktu si kecil demam, pastilah orang tua menjadi sedih, bingung dan bahkan panik. Namun kepanikan tidak akan membawa penyelesaian melainkan justru dapat membuat semakin sulit berpikir. Padahal yang diperlukan adalah penanganan terhadap anak yang sedang demam dan bukan kepanikan. Berikut adalah tips tidak panik ketika si kecil demam.

  1. Tenangkan diri anda, dan perlu diketahui bahwa demam merupakan reaksi tubuh alamiah di dalam melawan suatu bibit penyakit yang menyerang tubuh. Dengan anak mengalami demam, menunjukkan bahwa respon tubuhnya bagus. Yang perlu diwaspadai adalah jika demam terlalu tinggi karena dapat menyebabkan kejang.
  2. Yang sebaiknya dilakukan adalah segera menurunkan demam anak. Terdapat beberapa cara antara lain adalah memberikan kompres air hangat. Kenapa air hangat? Perlu diketahui bahwa respon tubuh terhadap lingkungan yang hangat adalah menurunkan suhu tubuh dan sebaliknya jika lingkungan sekitar tubuh dingin, maka tubuh akan segera meningkatkan suhu. Berarti dapat dimengerti, betapa bahaya kompres dengan air dingin karena tubuh akan semakin meningkatkan suhunya.
  3. Baringkan anak, atau jika memungkinkan dekap anak. Hangat tubuh ibu selain menenangkan juga dapat menurunkan suhu badan anak. Selain itu ibu juga menjadi merasa lebih tenang.
  4. Tips tidak panik ketika si kecil demam selanjutnya adalah yakin bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Jika anda memiliki akses internet, ada baiknya mencari informasi positif terkait cara mengatasi demam pada anak.
  5. Jangan menduga-duga suhu tubuh anak. Rabaan terkadang berbeda dengan mengukur suhu badan dengan termometer. Perlu pula diketahui bahwa suhu dahi dan tengkuk relative lebih tinggi di bagian tubuh lain. Ukur suhu tubuh melalui ketiak atau mulut atau dubur. Jika suhu tubuh masih mencapai batas wajar, yaitu di bawah 38 derajat Celcius maka belum berbahaya, dapat diturunkan dengan memperbanyak minum bayi.
  6. Jika bayi masih minum ASI, perbanyak pemberian ASI.
  7. Jangan memberikan pakaian yang tebal atau selimut, karena justru akan membuat panas terjebak di dalam tubuh.
  8. Terakhir, pasrahkan semua kepada Tuhan YME.

Demikian tips tidak panik ketika si kecil demam. Semoga bermanfaat.