Tips Persiapan Kehamilan Pasca Kuret

Setiap pasangan yang sudah lama menikah selalu mendambakan datangnya kehamilan. Namun, adakalanya kehamilan yang ditunggu-tunggu tidak juga muncul dikarenakan beberapa masalah kesuburan. Ada diantaranya yang muncul, tapi tidak sukses hingga saat yang dinantikan yakni kelahiran karena kehamilan harus gagal ditengah jalan dikarenakan keguguran atau gagal janin. Keguguran merupakan kejadian yang cukup menyedihkan, dimana para wanita tidak bisa lagi mempertahankan kehamilannya dan biasanya akan menjalani proses kuretase untuk membersihkan jaringan-jaringan yang masih tersisa di dalam rahim. Seorang wanita yang pernah mengalami keguguran harus mengerti dan memahami Tips Persiapan Kehamilan Pasca Kuret agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Sebelum mengetahui Tips Persiapan Kehamilan Pasca Kuret, ada baiknya jika mengetahui beberapa hal yang menyebabkan keguguran, yang diantaranya :

  • Kelainan dari janin sendiri, yakni adanya factor kelainan bentuk maupun jumlah kromosom
  • Kelainan dari ibu hamil, yakni karena pola hidup tidak sehat (merokok, begadang, stress, dan lain-lain) pola makan tidak sehat (mengonsumsi obat-obatan terlarang, mengabaikan asupan makanan sehat, dan lain-lain), adanya pengaruh radiasi dan polusi, rahim yang kurang siap, hormonal, dan lain-lain.

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi peyebab keguguran, kini saatnya mengetahui Tips Persiapan Kehamilan Pasca Kuret, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan mental dari trauma akibat keguguran dan kuretase. Salah satu hal yang wajib dipersiapkan sebelum hamil adalah kondisi kejiwaan karena apabila jiwa tenang, maka kehamilan akan berjalan dengan lancar. Begitupun sebaliknya, jika jiwa masih terguncang, maka kehamilanpun akan terganggu. Karena itu, ada baiknya setelah kejadian keguguran dan kuretase tersebut, ibu memulihkan kondisi psikologisnya.
  • Persiapkan kondisi kesehatan. Menyiapkan kesehatan setelah keguguran dan kuretase adalah hal yang penting dilakukan agar kehamilan segera dapat terealisasi dengan baik. Cara yang tepat dilakukan diantaranya adalah : menjaga pola hidup sehat, menerapkan pola makan sehat, banyak istirahat, rajin berolah raga untuk menjaga kebugaran tubuh.
  • Konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan kehamilan pasca keguguran dan kuretase, diantaranya adalah konsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa apakah Ibu siap menerima kehamilan kembali pasca kuret dan biasanya dokter akan memberikan beberapa vitamin yang berguna untuk menunjang kehamilan.
  • Banyak berdoa. Setelah semuanya siap, Ibu tetap harus membentengi diri dengan doa, karena kehamilan hanya akan terjadi atas izin-Nya.