Tips Perawatan Gigi Bayi

Menjaga dan merawat gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang karena gigi adalah senjata yang utama untuk bisa memakan makanan apa saja ke dalam tubuh. Termasuk untuk merawat gigi bayi juga sangat penting. Agar tidak salah dalam melakukan perawatan maka perlu sebuah tips perawatan gigi bayi yang baik dan benar.

Perawatan yang dilakukan sejak dini berguna sekali untuk memberikan pembiasaan pada anak agar gigi senantiasa bagus hingga dewasa kelak. Kita sering melihat anak yang giginya rusak gara-gara kurang perawatan yang baik dan benar kepada anak. Pemberian contoh dari orang tua juga kurang maksimal sehingga kesehatan gigi anak jadi terabaikan.

Oleh karena itu, gigi perlu perawatan yang baik sejak dini agar di masa tua kita tetap memiliki gigi untuk mengunyah setiap makanan yang ada. Jangan sampai di usia yang masih tiga puluhan kita sudah kesulitan mengunyah makanan gara-gara tidak memiliki gigi.

Berikut adalah beberapa tips perawatan gigi bayi yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  1. Gunakan jari tangan. Penggunaan jari tangan memang sangat efektif karena jari mampu merasakan lebih baik dari alat lain mengenai kebersihan gigi. Jadi penggunaan jari tangan masih lebih baik daripada alat lain.
  2. Gunakan kain kasa bersih. Lilitkan kain kasa bersih tersebut ke dalam jari ibu atau ayah yang hendak merawat gigi bayi. Sebelum disikatkan atau digosokkan secara lembut ke dalam gusi ataupun gigi bayi makahendaknya mencelupkan terlebih dahulu ke dalam air hangat. Setelah itu gosokkan dengan baik ke gigi dan gusi yang ada pada bayi. Bagian lidah juga bisa dibersihkan agar tidak dijadikan sebagai tempat kembang biak bakteri.
  3. Selain menggunakan kasa juga bisa menggunakan sikat gigi khusus yang dimasukkan ke dalam jari sebagai alat pembersih gigi.
  4. Jangan gunakan pasta gigi. Disaranakan untuk tidak menggunakan pasta gigi kecuali jika anak sudah berumur tiga tahun lebih. Jika masih di bawah tiga tahun hendaknya jangan menggunakan pasta gigi terlebih dahulu.
  5. Bersihkan selesai makan. Hendaknya bersihkan gigi minimal dua kali sehari tetapi membersihkan gigi yang terbaik adalah selesai makan dan sebelum tidur.

Demikianlah tips perawatan gigi bayi yang bisa dilakukan oleh bunda maupun ayah. Semoga membantu.