Tips Perawatan Bayi Prematur

Bayi Anda lahir lebih awal dari yang diperkirakan dan Anda terkejut. Bayi Anda disebut bayi prematur. Berikut beberapa tips perawatan bayi prematur yang harus diketahui mulai dari perawatan kesehatan sampai perkembangan tubuh. Tips ini bisa sangat membantu menghadapi masa-masa sulit di awal pertumbuhan bayi karena sebanyak 30% bayi prematur menghabiskan waktu di perawatan NICU setelah lahir.

Beberapa bayi memiliki masalah dengan pernafasan dan yang lainnya mendapat masalah penyakit. Alasan paling umum untuk dirawat di ruang NICU di awal pertumbuhan adalah karena tubuhnya yang prematur. Dengan tubuhnya yang kecil itu organ-organ di dalamnya belum berkembang cukup dan belum siap menghadapi dunia luar. Apa yang harus dilakukan untuk bisa bersama bayi Anda pertama kalinya?

Beberapa bayi tinggal di dalam inkubator dan tidak bisa digendong keluar. Yang bisa Anda lakukan adalah duduk menemaninya, bicara padanya dan menggenggam tangannya dengan lembut. Hal ini bisa membantu bayi Anda cepat tumbuh.

Mungkin sedikit sulit untuk bisa menyusui bayi prematur karena keadaan tidak memungkinkan tetapi bayi akan mendapat manfaat nutrisi dari susu yang Anda berikan. ASI bisa disimpan di freezer untuk kemudian diberikan pada bayi.

Tips perawatan bayi prematur lainnya adalah dengan mencoba terlibat sesering mungkin dengan bayi Anda. Bicara pada suster dan katakan Anda ingin terus bersama bayi Anda. Mungkin Anda bisa memberinya makan atau meninabobokannya. Biarkan suster tahu perasaan dan memperhatikan keinginan Anda. Bisa juga dengan meminta suster menjelaskan secara detail cara perawatan bayi prematur sehingga Anda bisa siap melakukannya di rumah.

Bayi prematur memerlukan perawatan yang khusus. Jadi, jika Anda mengetahui langkah-langkah yang benar, akan lebih mudah bagi kesehatan bayi juga Anda. Mungkin sedikit menakutkan merawat bayi yang prematur tetapi Anda bisa merawat bayi mudah dengan pengetahuan yang benar. Bagaimanapun bayi prematur yang Anda rawat adalah bayi Anda sendiri.

Apapun akan dilakukan demi kesehatan dan pertumbuhan bayi Anda. Semoga beberapa tips perawatan bayi prematur diatas bisa sedikit membantu.