Tips Pemberian Obat Tetes Pada Anak

Tips pemberian obat tetes pada anak akan makin memudahkan anda untuk melakukan perawatan dan pengobatan pada penyakit yang sedang dialami oleh anak. Masalah utama yang dihadapi oleh anak yang perlu pemberian obat tetes adalah bagian telinga, hidung dan mata. Sakit yang dialami oleh anak-anak ini adalah karena lingkungan yang tidak sehat. Dapat juga terjadi karena mereka makan dan minum yang tidak terjaga kebersihannya. Dan karena sistem kekebalan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa, maka ia pun makin rentan terkena berbagai macam penyakit. Jika sistem kekebalan tubuhnya sedang turun, maka benteng pertahanan tubuhnya menjadi terganggu. Hal yang umum adalah belekan. Nah, cara yang paling mudah untuk mengobati masalah belekan pada bayi tentu saja dengan memberikan obat tetes. Lalu, bagaimana caranya?

Memberikan Obat Tetes Pada Bayi

Cara yang paling mudah untuk memberikan obat tetes pada bagian mata bayi adalah dengan membungkus bayi dengan menggunakan handuk atau selimut. Ini dilakukan untuk memberikan penetesan obat agar ia tidak meronta-ronta dan tangannya tidak menumpahkan obat yang akan anda masukan pada matanya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci tangan hingga bersih. Dengan begitu, tidak akan ada kuman yang nanti masuk bersama obat tetes yang akan diberikan. Setelah itu, dengan menggunakan tangan kiri, secara perlahan anda dapat menarik kelopak mata pada bagian bawah. Lalu anda dapat meneteskan obat mata secara pelan-pelan ke dalam rongga kelopak mata bagian bawah. Mungkin bayi akan menangis, tetapi anda harus tetap melakukannya agar masalah belekan tidak bertambah parah. Ada juga tips pemberian obat tetes pada anak untuk bagian hidung. Untuk masalah hidung, anda bisa mengangkat kepala bayi sedikit ke arah belakang agar ia mau mendongak. Setelah itu, anda dapat meneteskan obat tetes sebanyak 1 – 2 tetes ke lubang hidung. Pegang tangan anak anda agar ia tidak meronta-ronta. Sedangkan kalau anda ingin memberikan obat tetes untuk telinga, anda bisa melakukannya dengan memiringkan kepala bayi. Telinga yang akan ditetesi harus menghadap keatas agar pemberian obat tetesnya makin mudah. Pegangilah anak anda kalau ia tidak mau diam.

Menenangkan Anak Saat Pemberian Obat Tetes

Memang tidak mudah untuk memberikan obat tetes pada anak-anak. Biarpun mereka bermasalah dengan telinga, hidung dan mata, tetapi ternyata obat tetes itu tidak disukai oleh anak-anak. Bahkan sebelum anda memberikan obat tetes, anak anda sudah menjerit dan menangis. Pertama-tama, anda harus menenangkan anak anda. Katakan padanya kalau obat tetes ini harus dilakukan untuk mengobati belekan yang mengganggu pandangan, atau untuk mengurangi rasa sakit di telinga. Setelah anak anda tenang, anda bisa menawarkan padanya apakah ia ingin menutup mata atau membiarkannya untuk membuka mata. Dengan begitu, anak anda merasa diperhatikan dan pendapatnya didengar. Ia juga akan merasa lebih nyaman kalau pengobatannya dilakukan sesuai dengan keinginannya. Sebenarnya, komunikasi yang baik dengan anak membuatnya merasa dihargai. Nah sekarang, anda punya beberapa tips pemberian obat tetes pada anak.