Tips Menyiapkan Menu Sekolah Balita

Makanan yang sehat dan hemat tentu menjadi dambaan setiap ibu untuk keluarganya. Namun, kesulitan mencari info resep yang pas dan waktu yang padat untuk berangkat bekerja, menyebabkan ibu kesulitan menyiapkan bekal untuk balitanya.

Beberapa tips menyiapkan menu sekolah balita, semoga bermanfaat :

  1. Tentukan menu
    Sebelum mempersiapkan bekal untuk balita, coobalah berdiskusi ketika malam, apa yang diinginkan si anak menjadi bekalnya. Apakah roti, nasi goreng, nasi kuning, bolu, atau lainnya. Biasanya jika anak sudah meminta, ia akan semangat memakan bekalnya di sekolah.
  2. Kreatif
    Setelah memilih makanan yang disukai anak. Sajikan dengan cara yang menarik dan kreatif. Belilah cetakan makanan dengan bentuk yang lucu dan sesuai dengan karakter anak. Misalnya berbentuk boneka, hewan, atau karakter tokoh kartun kesayangannya. Anda dapat melihat contoh sajian bento bekal untuk balita di website, majalah atau buku.
  3. Hindari pencetus alergi
    Pilih menu yang pas dengan selera anak dan sesuai dengan kesehatannya. Walau ikan laut, cumi, udang atau telur bermanfaat pertumbuhan fisik anak, namun cek apakah makanan ini mencetus alergi pada kulit atau tubuh anak. Jika menyebabkan alergi jangan dimasukkan ke dalam menu bekal. Walau sedikit masuk, akan menyebabkan alergi yang menyebabkan anak mogok menyantap bekal di sekolah.
  4. Sederhana tapi bergizi
    Memilih bekal sekolah anak tak perlu mahal, tapi piihlah yang bergizi. Anda dapat menyiapkan makanan selingan berupa cemilan yang dapat dibuat sendiri dengan biaya yang murah. Misalnya membuat agar-agar, getuk, cenil, bolu kukus dan lainnya. Pilih buah juga dapat memilih buah yang mudah dibeli, seperi buah pisang, pepaya, semangka, salak, dan lainnya.
  5. Wadah Cantik
    Biasanya anak akan semangat makan bekalnya selain menu yang menarik, tampilan yang keratif juga wadah yang cantik. Anda dapat memilih sesuai dengan karakter anak, misal anak perempuang dengan warna pink dengan gambar wadah boneka dan anak laki-laki berwarna hijau atau biru dengan gambar mobil atau jagoan tokoh komik.

Yuk, dicoba tips menyiapkan menu sekolah balita