Tips Menumbuhkan Kecerdasan Pola Pikir Anak Usia 5 – 12 tahun

Kecerdasan pola pikir anak tidak hanya diukur dari kecerdasan secara kognitif saja, namun juga harus memperhatikan serangkaian logika atau penalaran mengenai konsep prioritas dan sebab-akibat. Mungkin lebih mudah mengembangkan kecerdasan kognitif anak melalui berbagai macam metode pencerdasan otak anak yang seringkali dijadikan promosi, namun tidak demikian halnya dengan kecerdasan pola pikir. Diperlukan suatu proses pembelajaran yang rutin dan jangka panjang agar kecerdasan pola pikir anak dapat berkembang. Apa saja tips menumbuhkan kecerdasan pola pikir anak usia 5-12 tahun?

Tips Dan Triks

Berikut ini serangkaian triks dan tips menumbuhkan kecerdasan pola pikir anak usia 5-12 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Simulasi. Lakukan simulasi melalui cerita atau bacaan tentang suatu permasalahan yang mengharuskan anak mengambil sikap, misalnya cerita tentang dilema antara membeli mainan dengan membeli obat atau mungkin cerita dilema antara membeli alat tulis dengan membeli jajan atau cerita apapun yang dapat memicu anak menentukan skala prioritas mana yang harus didahulukan.
  2. Tanggungjawab. Kembangkan rasa tanggung jawab anak terhadap kewajiban yang harus didahulukan. Misalnya berangkat les atau memilih meneruskan permainan game yang sedang dimainkan. Bila anak belum paham, beri penjelasan bahwa permainan game masih dapat diulang atau dilakukan pada waktu yang lain sedangkan apabila tidak berangkat les, anak akan ketinggalan pelajaran penting yang berharga dan tidak dapat diulang keesokan harinya.
  3. Konsep benar-salah. Pemahaman konsep mengenai benar-salah pada anak usia ini masih sebatas hitam putih. Misalnya apabila menemukan barang yang bukan miliknya hendaknya mengembalikan kepada yang mempunyai, segera meminta maaf apabila telah melakukan kesalahan ataupun belajar mandiri apabila orangtua atau orang yang lebih tua tidak berada di rumah.

Berhasil atau tidaknya penerapan serangkaian tips menumbuhkan kecerdasan pola pikir anak usia 5-12 tahun di atas tentunya tidak dapat dipisahkan dari pengaruh lingkungan. Lingkungan yang kondusif dan mendukung tentu akan membuat penerapannya menjadi lebih mudah. Oleh karenanya segera tumbuhkan situasi lingkungan yang mendukung agar kecerdasan pola pikir anak akan tumbuh dengan optimal. Semoga bermanfaat.