Tips Menjaga Nutrisi Pada Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan trimester kedua merupakan zona nyaman bagi ibu hamil. Pada masa ini, keluhan-keluhan di awal kehamilan sudah mulai berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Nafsu makan pun mulai meningkat seiring perkembangan janin dalam kandungan. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan asupan gizi dan nutrisi yang harus dikonsumsi. Ada baiknya Anda mengikuti tips-tips berikut ini agar makanan  yang dikonsumsi tidak merugikan Anda dan janin Anda.

Minggu Ke-13     

Hindari  atau kurangi minuman berkafein. Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, cola dan coklat beresiko mengganggu perkembangan syaraf pusat janin dalam kandungan.

Minggu Ke-14

Anda harus menambah asupan energi 300 kalori per hari, yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin. Anda bisa memenuhinya dari 2 cangkir nasi atau pengaantinya, juga dengan lebih sering ngemil yaitu 3-4 kali sehari dengan porsi sedang.

Minggu Ke-17         

Anda sebaiknya mengkonsumsi buah, sayur dan air putih untuk mencegah sembelit. Penuhi kebutuhan cairan yang meningkat dengan mengkonsumsi 6-8 gelas air putih tiap hari. Selain itu sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi(ayam, daging, kuning telur, bayam) dan  vitamin C untuk mengoptimalkan sel darah merah baru. Karena pada fase ini jantung dan sistem peredaran darah janin sedang berkembang.

Minggu Ke-24

Kurangi konsumsi garam karena akan memicu tekanan darah tinggi dan juga pembengkakan kaki. Hindari makanan cepat saji yang tidak sehat dan mengandung banyak garam.

Minggu Ke-28

Perbanyak konsumsi aneka sea food untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk pembentukan otak dan kecerdasan janin. Penuhi juga kebutuhan vitamin E yang brrguna sebagai antioksidan.

Selain tips di atas, istirahat atau tidur yang cukup juga sangat dibutuhkan pada kehamilan trimester kedua ini, agar kondisi Anda dan janin Anda selalu sehat.