Tips Menghadapi Mamnesia Pada Kehamilan Trimester 2

Ada beberapa tips menghadapi mamnesia pada kehamilan trimester 2, seperti berikut ini:

  1. Memperhatikan Asupan Gizi 
    Ibu hamil harus mendapatkan gizi yang cukup dan kompleks untuk menjaga kondisi ibu dan juga janin yang sedang dikandung. Janin yang sedang dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Pada saat dalam kandungan janin sedang membentuk organ-organ tubuhnya sehingga jika kurang nutrisi atau gizi tertentu pertumbuhan dan perkembangan organ tersebut tidak akan bisa maksimal. Adapun salah satu asupan gizi yang dibutuhkan adalah zat besi. Zat besi ini dibutuhkan untuk menambah sel darah merah yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh ibu dan juga pada janin. Pada kenyataannya ibu yang sedang hamil rentan kekurangan darah sehingga dia juga cenderung terkena mamnesia dan berakibat juga pada perkembangan janin. Ada banyak makanan yang bagus yang mengandung zat besi seperti bayam, daging, dan lain sebagainya. Menu makanan harus seimbang dan beragam untuk memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan oleh si ibu dan si janin.
  2. Memperhatikan Kondisi Badan Dengan Olah Raga
    Perlu diketahui bahwa olah raga masih bisa dilakukan oleh ibu hamil. Bahkan ada banyak tempat fitnes yang menyuguhkan program khusus untuk ibu hamil. Manfaat olah raga untuk ibu hamil ini adalah meningkatkan kebugaran tubuh, mempermudah tidur, memperbaiki kondisi jantung, melancarkan proses persalinan, mengurangi keluhan pada saat hamil, menjaga kesehatan ibu dan janin, menyehatkan kondisi fisik dan mental, meningkatkan daya ingat atau fokus sehingga mengurangi mamnesia.
  3. Melakukan Kebiasaan Baik
    Mamnesia pada kehamilan trimester 2 juga bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, seperti tidur tepat waktu, tidak minum alkohol atupun drugs, makan makanan sehat dan mengurangi makanan sampah atau yang terkenal dengan istilah junkfood yang bisa menyebabkan obesitas dan penghambatan saluran darah ke otak yang bisa menjadi penyebab mamnesia, tidak hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan apapun karena malas, dan lain sebagainya.
  4. Rajin Memeriksakan Kehamilan 
    Penting juga bagi ibu hamil untuk selalu mengecek kondisi kehamilan mereka yang menjadi salah satu cara untuk menghadapi mamnesia pada kehamilan trimester 2. Ini bisa dilakukan dengan pergi ke dokter spesialis kandungan yang sudah dipercaya. Dengan cek up secara reguler bisa mengurangi resiko timbulnya berbagai jenis penyakit termasuk mamnesia ini karena dokter bisa memberi penanganan dini. Dokter juga bisa memberikan saran yang bagus untuk menjaga kondisi kehamilan sehingga ibu dan janin akan terus sehat. Jangan pula menyepelekan kondisi sering lupa ini karena bisa menjadi fatal akibatnya, misalnya jika lupa mematikan gas dan meninggalkan rumah begitu saja, rumah bisa terbakar karenanya.

 

 

1.