Tips Mengetahui Perkembangan Anak usia 5 – 12 Tahun

Anda ingin mengetahui perkembangan anak usia 5 – 12 tahun bisa dengan melakukan tips di bawah ini. Namun, jangan salahkan anak jika perkembangannya tidak signifikan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangannya ini.

Beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan anak adalah faktor genetik dari orangtuanya yang biasanya bersifat mutlak. Faktor genetik akan memengaruhi beberapa karakteristik seperti warna rambut, warna mata, tinggi tubuh, sikap tubuh, dan keunikan lainnya yang membedakannya dengan orang lain. Pengaruh nutrisi dan gizi yang dikonsumsi oleh anak juga memberikan dampak perkembangan fisik anak, semakin baik gizinya, semakin baik pertumbuhannya.

Tips mengetahui perkembangan anak usia 5 – 12 tahun salah satunya adalah dengan melakukan test dan juga pengamatan yang dilakukan terus menerus. Perkembangan anak setiap waktu harus berubah dan perubahan ini yang harus dicermati.

Untuk anak usia 5 tahun kebiasaannya bermain dan bekerjasama dengan teman-temannya akan sangat menonjol. Anak usia 6 – 7 tahun dia sudah bisa membaca lebih lancar bahkan membaca waktu atau jam dengan tepat. Anak juga sudah bisa mengulang 3 angka dari belakang dan sudah memiliki rasa cemas akan sesuatu. Sudahkah Anda melihat hal tersebut pada putra putri Anda?

Jika perkembangannya tidak seperti yang diharapkan maka lakukan simulasi yang bisa meningkatkan perkembangannya melalui aktifitas olahraga seperti bermain basket, bola, renang, hingga lompat jauh. Selain itu tentu saja Anda juga harus melatih anak untuk mampu memperbaiki ketidaksempurnaan menjadi lebih baik lagi.

Namun, tentu saja sebelum melakukan kegiatan yang menunjang peningkatan perkembangan fisiknya terlebih dahulu orang tua harus mengetahui perkembangan apa yang kurang pada anak seusianya agar tepat apa yang akan dilakukan untuk mendukungnya.

Kegiatan apapun sangat baik dilakukan dengan ragam dan variasi yang berbeda agar anak tidak mengalami  kejenuhan ketika melakukannya. Dukungan dan peran serta orang tua dalam meningkatkan perkembangan anak di usia 5 – 12 tahun butuh konsistensi dan komitmen. Konsistensi dan komitmen menjadi tips yang penting dalam hal ini.