Tips Mengatasi Gigi Berlubang pada Balita

Apakah Anda sedang mencari tips mengatasi gigi berlubang pada balita Anda? Sedang mencari saran dokter gigi yang cocok untuk anak Anda? Ingin anak mempunyai kesehatan gigi yang bagus?
Berikut ini beberapa tips bagaimana mencegah gigi berlubang pada anak dan membantu anak belajar mengenal kebersihan gigi yang baik.

Tips #1 jadikan satu tujuan pasti bahwa anak harus konsisten dnegan kegiatan membersihkan gigi secara teratur.
Sebagai orangtua, kita mempunyai wewenang penuh untuk mengatur kegiatan anak yang masih balita. Mengenalkan anak pada kesehatan gigi adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Karena gigi adalah organ tubuh yang penting bagi balita untuk mencerna makanan yang dikonsumsinya. Gigi yang bersih bukan hanya memperindah senyum anak tapi juga bisa menghemat ratusan ribu rupiah keuangan keluarga.

Tips #2 menggosok gigi secara teratur
Kegiatan yang satu ini sudah diketahui semua orang tentunya. Pilih satu bentuk sikat gigi yang menarik untuk membuat anak semangat menggosok gigi secara teratur. Namun ingat untuk memilih sikat gigi yang sesuai dengan balita Anda karena ada anak yang tidak mau menggosok gigi akibat bentuk sikat yang membosankan. Ya, sikat gigi memang salah satu tips mengatasi gigi berlubang pada balita yang paling jelas diketahui siapapun.

Tips #3 ucapkan selamat tinggal pada botol susu
Jika anak Anda minum susu dengan botol maka singkirkan botol itu saat anak menginjak usia 1 tahun dan gantikan dengan gelas minum untuk balita. Kebiasaan meminum susu dengan botol bisa mmebuat gigi berlubang, kecuali jika botol itu hanya berisi air putih biasa.

Tips #4 hindari berbagi makanan dan peralatan makan
Meskipun seringkali menjadi kebiasaan tapi hindari berbagi makanan dan peralatan makan dengan anak Anda. Alasannya karena bakteri dari mulut orang dewasa bisa terkirim ke mulut anak sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang pada anak. Jika anak ingin meminta makanan kita, katakan tidak lalu berikan makanan yang sama sesuai porsi untuk mereka sendiri.

Itu tadi sedikit tips mengatasi gigi berlubang pada balita Anda. Pastikan anak Anda memiliki senyum terindah. Selamat menggosok gigi!