Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan pada Kehamilan Trimester Kedua

Gangguan kesehatan yang terjadi pada ibu-ibu hamil di trimester kedua tentu harus segera diatasi. Untuk itu, inilah tips mengatasi gangguan kesehatan pada kehamilan trimester kedua.

Berat Badan

Meski berat badan mulai naik, jangan pernah meninggalkan sarapan. Pilihlah makanan yang bergizi seperti sayuran, gandum, daging, susu rendah lemak, dan hindari makanan kalengan, junk food, atau makanan manis. Tidak ada salahnya menyediakan cemilan sehat seperti biskuit, buah-buahan, yoghurt, atau keju rendah lemak. Selain itu, berolahragalah secara teratur dan pilih olahraga yang ringan seperti jalan atau berenang.

Hati-hati saat berjalan, terutama saat musim hujan. Pergunakan sol sepatu yang berhak rendah dan perlambat langkahnya. Berpegangan saat menaiki atau menuruni tangga amat dianjurkan. Hindari pula berdiri atau duduk terlalu lama, dan jangan lupa untuk terus minum air putih sebanyak-banyaknya.

Sakit Punggung dan Nyeri Ligamen Bundar

Hindari mengangkat benda berat dan jangan pernah membungkuk saat mengambil barang yang jatuh. Berjongkoklah untuk mengambil barang tersebut. Jika terpaksa harus berdiri lama, tekuk salah satu kaki atau posisikan salah satu kaki pada pijakan yang berbeda ketinggiannya. Saat berbaring, berbaringlah pada sisi kanan atau kiri dan pergunakan guling diantara kedua tungkai. Usapkan dengan air panas/hangat pada punggung atau pada sisi perut.

Cara di atas juga bisa untuk menghindari varises, ambeien, dan preeklampsia. Pastikan agar selalu mengenakan pakaian yang tidak menghambat sirkulasi darah dan jangan menyilangkan kaki saat duduk. Khusus untuk ambeien dan konstipasi, jangan dipaksa mengedan dan hindari jongkok terlalu lama.

Gingivitis (Radang pada Gusi), Pandangan Kabur, dan Insomnia

Jagalah kebersihan rongga mulut dengan cara menggosok gigi secara teratur dan lakukan dental floss. Sedangkan untuk pandangan yang kabur, pergunakan obat tetes mata sesuai anjuran dan jangan berlebihan. Untuk insomnia, belajarlah untuk tidur menyamping dengan menambahkan bantal di bagian belakang dan kaki.

Tips mengatasi gangguan kesehatan pada kehamilan trimester kedua di atas hanyalah anjuran secara umum saja agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan untuk mendeteksi penyakit diabetes gestasional bisa dengan cara pemeriksaan gula darah puasa dan 2 jam setelah makan pada akhir trimester kedua.

Pada kasus yang mengganggu penampilan seperti munculnya stretch mark di bagian perut, bokong, pinggul, paha bagian dalam, dan payudara, dapat dilakukan dengan menjaga berat badan. Calon ibu juga dapat mengoleskan body lotion untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan rasa gatal.

Nah, itulah tips mengatasi gangguan kesehatan pada kehamilan trimester kedua yang dapat diterapkan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti persalinan tidak normal dan bahkan kelahiran prematur.