Tips Mengatasi Demam Pada Anak

Berikut beberapa tips mengatasi demam pada anak. Saat si kecil terkena demam, kita bisa sangat panik karena kecemasan kita pada anak tercinta. Namun jika Anda memahami bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi demam pada anak Anda, mungkin ini justru akan mempercepat penyembuhan demamnya.

Tips Mengatasi Demam Pada Anak

Yang utama adalah berikan rasa tenang pada anak Anda. Jangan melakukan tindakan secara terburu-buru atau panik atau justru sembari marah-marah, karena akan mempengaruhi ketenangan jiwa anak Anda.

Pertama yang harus dilakukan adalah segera ajak anak Anda berendam di air hangat. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk membantu meredakan demam. Biarkan dia berendam di air hangat hingga sebatas leher selama lima belas menit. Sesekali cek suhu atau tingkat kehangatan air, jangan sampai air menjadi dingin bagi anak Anda yang akan menyebabkan dia menggigil kedinginan.

Berendam di air hangat akan membantu menurunkan suhu tubuh, dimana akan terjadi pemindahan suhu badan anak ke air, dan suhu air ke tubuh anak Anda, sehingga tercapai suhu yang seimbang. Berendam ini akan membantu melancarkan peredaran darah karena pembuluh darah melebar saat berada di bak air hangat. Selain itu, akan muncul perasaan lebih tenang setelah berendam di air hangat. Berendam air hangat ini memang cukup efektif mengatasi demam pada anak, dengan efek jauh lebih baik daripada dipijat tubuhnya.

Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Demam Pada Anak

Bagaimanakah pertolongan pertama untuk mengatasi suhu yang tinggi pada anak?

  • Segera berikan minum air putih yang banyak, yang akan membantu menurunkan suhu tubuhnya.
  • Oleskan minyak kayu putih ke seluruh tubuh untuk memberikan kehangatan setelah sebelumnya anak berendam dalam air hangat.
  • Kenakan baju yang hangat dan pastikan anak Anda tetap makan seperti biasa untuk memastikan tercukupinya gizi. Memang untuk mengatasi demam atau flu yang terutama adalah mempertahankan ataupun meningkatkan imunitas diri anak Anda.
  • Tambahkan multivitamin atau suplemen peningkat imunitas, terutama vitamin C yang akan membantu mengembalikan stamina tubuh si kecil.
  • Jangan lupa juga berikan penurun panas berupa ibuprofen atau parasetamol sesuai dosisnya.

Jika sudah melakukan tindakan dan pencegahan yang telah dijabarkan dan dalam tiga hari demam pada anak belum juga membaik, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.