Tips Mengatasi Demam Pada Anak

Demam adalah penyakit yang sering menjangkiti anak-anak terutama balita. Demam acap menjadi gejala adanya infeksi di dalam tubuh anak baik karena virus maupun penyakit. Demam pada anak dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya imunisasi, tumbuh gigi, infeksi virus ataupun bakteri penyebab penyakit. Demam pada anak sering membuat orangtua panik dan khawatir, karena penyakit ini dapat juga menjadi gejala penyakit demam berdarah yang banyak merenggut korban jiwa. Selain itu demam acap menimbulkan kejang pada anak atau yang biasa disebut dengan step.

Step atau kejang pada anak akan sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan cepat, tubuh anak akan kejang dan membiru seketika, dan hal ini sering menimbulkan kepanikan pada orangtua. Oleh karena itu banyak orangtua yang begitu khawatir kala anaknya mengalami demam tinggi. Sebagai bekal bagi para calon orangtua dan para orangtua ada baiknya bila mereka mengetahui tips mengatasi demam pada anak. Apabila kita mampu mengatasi demam pada anak, resiko terjadinya step dapat diminimalisasi.

Beberapa tips mengatasi demam pada anak

  1. Hal yang paling utama saat anak demam adalah ‘jangan panik’. Panik hanya akan membuat pikiran kita buntu berpikir sehingga sulit untuk mengambil langkah yang bijak.
  2. Saat anak atau balita mulai demam, segera siapkan waslap atau handuk basah untuk kompres kepala. Gunakan air dingin atau air biasa, jangan gunakan air es kecuali dalam keadaan genting.
  3. Ukur suhu tubuh anak, bila sudah di atas 38° C berilah obat penurun panas yang aman dengan dosis ringan dan tidak mengandung alkohol.
  4. Kompres bagian lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak, belakang lutut, leher dan kening.
  5. Bila panas semakin meninggi, basuh seluruh tubuh dengan handuk basah, buka kancing-kancing baju dan pakaian yang melekat.
  6. Menempelkan tubuh anak ke tubuh kita dapat mengurangi panas tubuh anak.
  7. Bila anak mengalami kejang karena demam tinggi, bawa anak ke kamar mandi lalu siram dengan air, ganjal mulutnya dengan sendok kecil agar lidahnya tidak tergigit, lalu segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan.
  8. Bila setelah tiga hari demam tak kunjung reda, segera periksakan ke dokter untuk dilakukan tes darah dan pemeriksaan lanjutan

Semoga tips mengatasi demam pada anak diatas dapat bermanfaat dan membanntu ibu ketika menghadapi anak yang demam.