Tips Menganangi Bayi Talasemia

Menurut berbagai sumber medis, dikatakan bahwa talasemia merupakan salah satu jenis penyakit keturunan yang diturunkan secara resesif pada kedua orangtua yang ternyata positif membawa gen talasemia. Penyakit talasemia ini sudah dapat terdeteksi ketika anak baru saja dilahirkan dan berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan pada proses tumbuh kembang bayi atau bahkan dapat menyebabkan kematian. Bayi yang terserang talasemia biasanya sudah dapat terdeteksi ketika menginjak usia antara 1-3 bulan, sehingga tindakan penanganan yang tepat bisa segera dilakukan.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips menangani bayi talasemia sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kenali Jenisnya. Menurut beberapa jurnal medis, dikatakan bahwa terdapat beberapa jenis talasemia yang perlu diketahui, termasuk diantaranya yang sangat berbahaya atau dalam taraf tidak berbahaya. Talasemia mayor merupakan jenis talasemia yang membahayakan dan biasanya umur bayi tidak akan bertahan lama, sedangkan talasemia minor pada bayi dapat memberikan umur harapan hidup yang lebih panjang, namun biasanya proses tumbuh kembangnya mengalami gangguan.
  • Transfusi Darah. Menurut salah seorang praktisi kesehatan, dikatakan bahwa tindakan transfusi darah merupakan alternatif terbaik yang bisa dilakukan bagi penderita talasemia mayor, sedangkan bagi penderita talasemia minor, ada baiknya jika menjaga bayi agar tidak mengalami perlukaan, baik luka luar atau dalam yang diakibatkan benturan.
  • Asupan Nutrisi. Walaupun mungkin hasilnya kurang optimal, pemberian asupan makanan tinggi kadar zat besi bisa dilakukan apabila talasemia yang dialami adalah talasemia minor. Asupan zat besi digunakan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga jumlah sel darah merah yang diproduksi setiap harinya bisa tercukupi, walaupun umur dan ukuran sel darah yang diproduksi jauh di bawah normal.
  • Terapi Alternatif. Melakukan terapi alternatif seperti accupuncture, electropuncture, lasseropuncture atau bahkan ultra violet loci illumination agar kinerja hormon dan enzym dalam proses metabolisme tubuh tetap terjaga performanya bisa dipertimbangkan.

Tips Menganangi Bayi TalasemiaDemikianlah beberapa kiat dan tips menangani bayi talasemia yang bisa dipertimbangkan orangtua agar harapan hidup bayi makin besar. Satu hal penting yang hendaknya harus selalu diingat adalah senantiasa berdoa dan berusaha.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.