Tips Menemukan Bakat Anak Usia 5-12 Tahun

Perkembangan bakat setiap anak di usia 5-12 tahun tentulah tidak sama, ada yang cepat terlihat potensi dirinya ada yang harus melalui sebuah eksplorasi. Sesungguhnya setiap anak memiliki banyak bakat , namun sebagai orangtua kita cenderung untuk mengetahui di bidang apakah sebenarnya anak itu paling menonjol, kemudian fokus untuk membina bidang tersebut, untuk itu diperlukanlah sebuah tips menemukan bakat anak usia 5-12 tahun.

Bakat didefinisikan oleh Marquis dan Woodworth sebagai bagian dari kemampuan manusia yang meliputi achievement, optitude dan capacity. Sedangkan Guiford merumuskan bakat sebagai kecakapan dalam me melakukan sesuatu yang mencakup dimensi perseptual, dimensi

Menemukan bakat anak usia 5 -12 tahun tidaklah sulit bila kita tahu tipsnya. Ada beberapa tips menemukan bakat anak usia 5-12 tahun yang dapat kita terapkan, diantaranya :

1. Lakukan Observasi
Observasi merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menggali bakat dan potensi anak. Sebagai sosok yang sangat dekat dengan Tips Menemukan Bakat Anak Usia 5 - 12 Tahunbuah hati, ayah atau ibu adalah sosok yang paling mengenal tentang segala hal yang disukai maupun yang tidak disukai oleh seorang anak dengan cara mencermatinya. Melalui observasi itu dapat kita lihat ketangguhan seorang anak di usianya yang berada pada rentang 5-12 tahun dalam mengerjakan suatu kegiatan yang disukainya. Bagaimana minatnya terhadap kegiatan tersebut dan sampai sejauh mana dia bersemangat untuk mencapainya. Apakah anak begitu antusias hingga ia mencoba melengkapi minatnya dengan mencari tahu segala hal tentang bidang tersebut. Bila minatnya sangat besar dan anak sangat cekatan dalam bidang itu, orang tua dapat menarik kesimpulan bahwa di situlah bakat anaknya.

2. Mencari Minat Anak Yang Paling Menonjol
Biasanya anak usia 5-12 tahun mempunyai ketertarikan pada beberapa aktivitas. Kalau pada usia golden age dia mengenal berbagai aktivitas menarik, maka di usia 5-12 tahun anak mulai fokus pada beberapa saja yang menarik perhatiannya. Cobalah diperhatikan . Di antara beberapa minatnya, apa yang paling menonjol artinya di bidang apa anak lebih berkonsentrasi melebihi kebiasaannya. Jawabannya adalah di bidang itulah bakat anak tersebut.

Itulah dua tips menemukan bakat anak usia 5-12 tahun yang paling mudah. Semoga keduanya dapat membantu anda menemukan bakat dan potensi diri sang buah hati.