Tips Mempersiapkan Kehamilan Kedua

Menikah dan membentuk keluarga merupakan impian banyak orang dengan harapan untuk berbahagia bersama. Setelah menikah, kehamilan merupakan hal yang ditunggu oleh setiap pasangan suami-istri. Setiap kehamilan, baik yang pertama pertama ataupun berikutnya tentu memerlukan perencanaan yang matang. Berbagai hal perlu menjadi pertimbangan. Berikut ini beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan bagi setiap pasangan yang sedang merencanakan kehamilan kedua.

  • Kondisi Keuangan Keluarga
    Pada umumnya, di usia pernikahan yang sudah semakin lama, kondisi finansial keluarga pun berangsur meningkat. Mungkin Anda sudah tinggal di rumah sendiri sehingga secara psikologis Anda lebih tenang dan siap untuk kehamilan berikutnya.
  • Kondisi Kesehatan Setelah Melahirkan
    Kesiapan Anda untuk hamil lagi ditentukan oleh kesehatan Anda secara umum setelah melahirkan anak pertama. Pada masa kehamilan, tubuh kehilangan cukup banyak nutrisi esensial seperti kalsium dan zat besi. Jika Anda merasa sering lelah, itu mungkin karena kadar hemoglobin yang relatif rendah. Untuk itu Anda perlu memperpanjang jarak kehamilan beberapa waktu sebelum hamil yang berikutnya untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang optimal.
  • Saat yang Tepat Untuk Hamil Setelah Melahirkan
    Enam bulan pasca melahirkan merupakan waktu yang cukup untuk mengembalikan kondisi kesehatan secara umum seperti masa sebelum melahirkan. Jika kondisi badan sudah bisa menyesuaikan diri dengan ritme baru bersama bayi yang merupakan anak pertama, sebetulnya Anda bisa dikatakan sudah siap untuk hamil kembali. Walaupun demikian, kebanyakan dokter ahli kandungan menyarankan waktu yang tepat untuk kembali hamil adalah minimal satu tahun setelah kelahiran anak pertama. Sebuah catatan khusus, jika usia Anda sudah lebih dari 35 tahun, silakan segerakan kehamilan kedua sebelum masalah infertilitas terdeteksi.
  • Menyusui dan Hamil
    Seperti halnya masa kehamilan, masa menyusui pun, tak bisa dipungkiri akan cukup banyak menguras energi. Jika Anda hamil di masa masih menyusui anak pertama, maka hal ini merupakan tantangan besar, karena dapat dikatakan Anda harus menyediakan asupan energi yang cukup untuk Anda sendiri, bayi yang disusui, sekaligus bayi dalam kandungan.
  • Kehamilan dan Anak Sulung Anda
    Saat hamil kedua, Anda akan memiliki tanggung jawab yang berlipat. Selain mengurus anak pertama, Anda pun harus menjaga kesehatan kehamilan. Jangan lupakan bahwa mengangkat beban berat -termasuk menggendong bayi Anda- merupakan pekerjaan yang tidak ringan. Sedapatnya, hindari aktivitas menggendong si sulung untuk menjaga kehamilan kedua Anda.
  • Perencanaan Kehamilan Setelah Caesar
    Kehamilan kedua yang direncanakan sesudah melahirkan anak pertama secara normal menjadi keputusan Anda bersama suami, dan dapat direncanakan secepat yang Anda ingini, selama Anda siap. Namun jika kelahiran pertama dilakukan melalui bedah Caesar, saran dokter untuk menunda kehamilan hingga dua tahun sangat perlu dipertimbangkan. Hal ini tentu untuk member waktu bagi jaringan rahim dan perut untuk regenerasi sebelum siap untuk kehamilan berikutnya.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti tersebut di atas, tentu Anda dan suami dapat memutuskan saat yang tepat untuk kehamilan kedua.