Tips Membuat Aturan Menonton TV

Bagaimana orang tua membuat aturan menonton tv untuk anak-anaknya? Televisi merupakan salah satu sarana informasi sekaligus hiburan bagi keluarga. Bukan hal yang aneh bahwa setiap rumah di Indonesia pasti ditemukan televisi di dalamnya. Namun seiring dengan laju bisnis pertelevisian, dampak tontonannya cenderung negatif terhadap perkembangan balita dan anak-anak. Banyak orang tua yang membuat aturan bagi anaknya dalam menonton tv. Namun aturan tersebut terkadang malah membuat masalah baru, oleh karena itu tulisan ini akan membahas khusus tentang cara membuat aturan menonton tv bagi anak-anak.

Membuat aturan menonton tv sebenarnya dapat dicari solusinya dengan mengembalikan tujuan orang tua dalam pembuatan aturan menonton tv. Umumnya orang tua berpendapat anak yang sering duduk manis di depan tv akan terpengaruh negatif, misalnya dia akan kehilangan jam belajar, waktu untuk berpetualang dan bereksplorasi ataupun momen untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Aturan menonton tv sering dilanggar oleh anak-anak disebabkan berbagai faktor. Berikut ini beberapa cara membuat aturan menonton tv:

  • Buat aturan yang tidak berlebihan.
    Aturan menonton tv antara anak satu dengan lainnya tentu harus berbeda, disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Misalnya anak yang kurang teman karena tidak ada anak lain dengan umuran sebaya, dia akan kehilangan waktu bermain atau dengan kata lain dia mempunyai banyak waktu kosong. Otomatis anak tersebut akan meluangkan waktunya untuk kesenangan yakni menonton tv. Untuk kasus seperti ini orang tua harus pandai melihat faktor pendorong anaknya menonton tv. Cobalah membuat aturan yang dapat diterima oleh anak, sekaligus cari jalan keluar untuk mengisi kekosongan waktu si anak. Dengan begitu aturan menonton tv dapat dipraktekkan.
  • Bermusyawarah dengan anak-anak.
    Aturan yang dihasilkan tanpa komunikasi dengan anak akan cenderung dilanggar oleh si anak. Ini disebabkan anak tidak puas dengan aturan dari orang tua. Contohnya anak menginginkan satu jam khusus untuk menonton tv, sebab ada acara yang dia tunggu-tunggu setiap minggunya. Maka tidak ada salahnya mendengarkan kemauan anak, asalkan pendapatnya tidak menyalahi tujuan pembuatan aturan. Tips ini akan semakin mengikat anak kepada aturan karena dia turut serta dalam membuatnya.

Membiasakan Anak Untuk Taat Pada Aturan

Anak yang dibiasakan untuk patuh pada orang tua sejak dini akan mudah diatur ketika tumbuh dewasa. Namun ketaatan pada perintah atau aturan orang tua sebaiknya dibarengi dengan penjelasan manfaat dan maksud dari orang tua dalam aturan tersebut. Hingga anak dapat menaati aturan orang tua dikarenakan dia paham aturan itu dibuat untuk kepentingannya sendiri. Demikian pula dengan membuat aturan menonton tv, anak yang tahu maksud orang tua akan dengan senang hati melaksanakannya. Komunikasi anak dan orang tua adalah hal penting dalam menuntun anak menapaki masa dewasanya kelak.

Semoga artikel mengenai tips membuat aturan menonton tv ini bermanfaat, terutama bagi anak yang masih dalam usia emasnya untuk menggali ilmu dan bereksplorasi.