Tips Membersihkan Telinga Anak

Telinga merupakan salah satu organ penting yang berperan dalam membantu seseorang untuk bisa mendengarkan segala sesuatu dengan baik. Struktur telinga orang dewasa dan anak-anak masih berbeda dalam hal kelembutan kulit yang dimiliki. Telinga senantiasa memproduksi kotoran yang harus dibersihkan secara rutin agar kotoran tidak menumpuk dan mengganggu pendengaran. Membersihkan telinga anak dari kotoran, harus berhati-hati mengingat kulit telinga anak masih lembut dan tidak keras seperti telinga orang dewasa.

Kotoran yang keluar di dalam telinga sebenarnya juga memiliki peranan menjaga telinga dari kotoran seperti debu dan serangga yang akan masuk ke dalam telinga. Secara alami kelebihan kotoran telinga bisa terdorong keluar dengan sendirinya, namun hal ini belum bisa terjadi pada anak-anak. Oleh karena itulah kotoran telinga pada anak harus dibersihkan secara berkala dengan hati-hati. Cara aman membersihkan telinga anak adalah dengan membersihkan kotoran telinga yang ada di bagian luar telinga saja. Gunakan cotton buds untuk mmembersihkan daun telinga dan jangan menggunakan benda tajam seperti jepit rambut atau tangkai bulu ayam untuk membersihkannya.

Untuk mencegah penumpukan kotoran telinga, teteskan baby oil di dalam liang telinga dua minggu sekali. Jika kita merasa tidak yakin bisa membersihkan telinga dengan baik, sebaiknya kita pergi ke dokter untuk membantu membersihkan kotoran di dalam telinga anak dengan aman. Kotoran di dalam liang telinga harus dibersihkan dengan benar.

Jika cara kita keliru dalam membersihkannya, tindakan ini malah akan membuat kotoran telinga terdorong ke dalam. Jika hal ini terjadi, akan terjadi penyumbatan telinga yang lebih berat dan lubang telinga akan lebih sempit. Hal lain yang khawatir akan terjadi adalah infeksi atau luka di dalam lubang telinga dan jika membersihkannya terlalu dalam di dalam liang telinga, ditakutkan benda yang digunakan untuk membersihkan telinga bisa bergesekan dengan gendang telinga dan akan menyobeknya.

Ketika kita meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga anak, biasanya dokter menggunakan pengait atau sendok serumen yang terbuat dari logam untuk mengambil kotoran telinga. Jika kotoran lunak, akan diisap dengan pompa vacum. Namun jika kotoran terlalu keras, dokter akan memberikan obat tetes untuk melunakkan kotoran sebelum dikeluarkan. Dengan meminta pertolongan dokter, membersihkan telinga lebih aman bagi telinga anak.