Tips Membentuk Karakter Anak

Tidak mudah membentuk karakter anak yang berkembang kearah yang positif. Pola penerapan pengasuhan dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang besar pada perkembangan karakter anak. Pada usia 5-12 tahun anak masih mencari identitas dan jati diri mereka. Diperlukan serangkaian tips membentuk karakter anak yang perlu dipertimbangkan orangtua dan lingkungan keluarga. Apa saja tipsnya?

Tips dan triks

Berikut ini beberapa tips membentuk karaker anak yang didasarkan pada kebutuhan psikologis anak umur 5-12 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Kebutuhan akan rasa aman. Anak membutuhkan rasa aman dan nyaman untuk bebas mengungkapkan segala permasalahan yang dihadapinya. Anak juga membutuhkan  suatu bimbingan dan saran, sehingga hindari memarahi atau menganggap sepele permasalahan anak. Berikan saran dan nasehat yang tepat tanpa menyinggung atau mengkerdilkan harga diri anak agar anak merasa tenteram. Memarahi atau menganggap sepele permasalahan yang dihadapi anak bisa jadi memicu anak untuk lebih percaya kepada temannya. Jaga agar jangan sampai peran orangtua tergantikan oleh orang lain.
  2. Kebutuhan untuk mengontrol. Sesekali anak memiliki kebutuhan untuk memegang kendali atas apa yang hendak dilakukan. Anak merasa tahu apa yang terbaik menurutnya, sehingga sikap anak akan mengalami perubahan. Perubahan yang tampak adalah anak akan membangkang, semaunya sendiri dan sulit diatur. Untuk mengatasi permasalahan ini, orangtua hendaknya memahami dan mengarahkan kepada hal yang positif. Sebaiknya jangan menanggapi dengan emosi tinggi atau memarahi anak.
  3. Identifikasi. Anak masih dalam proses identifikasi atau mencari tahu kelebihan dan kekurangannya, sehingga tidak mengherankan apabila pada usia ini anak selalu mengidolakan tokoh tertentu. Orangtua hendaknya menjadi role model bagi anak dengan cara memberi pengertian dan masukan agar pola meniru tokoh yang diidolakan anak tidak mengarah kepada hal-hal yang negatif atau bahkan merusak.
  4. Kerja keras dan optimis. Tunjukkan dan beri pengertian pada anak melalui pengembangan tokoh idolanya. Beri pengertian bahwa hanya dengan kerja keras dan selalu optimis menghadapi permasalahan yang ada akan memberikan keberhasilan dalam menjalani hidup. Dengan memberikan pemahaman ini, anak akan terhindar dari perilaku curang atau perilaku negatif lain.

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan sebagai bagian dari tips membentuk karaker anak yang positif adalah tawakal. Berikan pengertian bahwa dengan doa dan berserah diri kepada Sang Kuasa ketika hendak melakukan apapun akan mempermudah langkah perjalanan hidup. Semoga bermanfaat.