Tips Memandikan Bayi dengan Benar

Tips memandikan bayi yang benar merupakan cara yang efisien dan efektif untuk membantu ibu dalam memandikan bayi. Menjadi ibu adalah hal yang diidam-idamkan oleh hampir semua kaum hawa. Alasannya yaitu ia dianggap sebagai wanita yang sempurna jika telah mempunyai anak.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin memandikan bayi:

Persiapan Mandi Untuk Si Kecil

Perlu diingat bahwa memandikan bayi bukanlah hal yang dapat dilakukan secara serampangan apalagi sembarangan. Karena itu sangat diperlukan tips memandikan bayi yang benar agar proses mandi untuk si kecil bisa aman dan menyenangkan.

Berikut tips memandikannya:

  • Memastikan semua barang dan keperluan mandi bayi telah ada dan siap untuk dipakai, antara lain baju ganti, popok, bak, sabun, shampo, waslap, handuk, dan lainnya.
  • Jangan lupa menjerang air untuk mandi si kecil, suhu yang dipakai jangan terlalu panas dan jangan pula dengan air dingin.
    Cukup hangat-hangat kuku. Setelah air hangat-hangat kuku ada di dalam bak. Silakan menambahkan sabun anti bakteri untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di dalam air.

Saat Memandikan Bayi

Secara umum tips memandikan bayi yang benar dapat dipraktekkan oleh siapa saja. Untuk membantu para ibu yang masih kesulitan dalam memandikan bayinya, berikut tipsnya.

  • Untuk bayi yang masih sangat kecil atau baru lahir, cara memandikannya biasanya tidak langsung menggunakan bak. Namun posisi bayi di pangkuan lalu di lap bagian-bagian tubuhnya.
  • Untuk bayi yang sudah bisa dimandikan didalam bak, caranya sang bayi langsung dimasukkan ke dalam bak berisi air hangat. Posisi tangan kiri menyangga bagian kepala dan leher bayi agar bayi tidak tenggelam.
  • Untuk membersihkan dengan sabun sebaiknya dengan menggunakan waslap yang telah diberi sabun bayi sebelumnya. Lalu dengan gerakan dan urutan seperti diatas. Jangan terlalu keras menggosok kulitnya karena kulitnya yang lembut rawan untuk lecet dan tergores.
  • Untuk membersihkan kepala dan rambutnya, silakan menggunakan shampo bayi. Posisi bayi agak didudukkan dengan tangan tetap menyangga kepalanya. Lalu membasahi dengan air serta memberikan shampo. Kemudian menggosok perlahan dan segera dibilas dengan air. Usahakan untuk memilih shampo bayi yang sesuai dengan kulit serta rambut bayi.
  • Setelah proses mandi selesai, segera pegang pantatnya dan angkat lalu bungkus tubuhnya dengan handuk. Cukup tepuk-tepuklah dengan handuk tersebut untuk mengeringkan kulitnya.

Selamat mencoba tips tersebut dengan benar!