Tips Keluarga Ideal untuk Pendidikan Psikologis Anak

Bukanlah hal yang mudah membentuk pribadi yaang tangguh dan karakter positif anak usia 5-12 tahun, apalagi menanamkan nilai-nilai psikologis yang kuat. Diperlukan contoh dan tindakan nyata dalam kehidupan keseharian anak agar anak memiliki pegangan hidup yang kuat. Apa saja tips keluarga ideal untuk pendidikan psikologis anak yang bisa dijadikan pegangan anak?

Tips dan triks

Berikut ini akan disampaikan beberapa tips keluarga ideal untuk pendidikan psikologis anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Perselisihan. Minimnya perselisihan antar orang tua ataupun antara orang tua dengan anak atau anggota keluarga yang lain.
  2. Komunikasi positif. Setiap anggota keluarga bebas menyatakan pendapat dan keinginannya tanpa perlu khawatir akan mendapatkan intimidasi atau sanksi. Terbiasa melakukan musyawarah dan menghargai perbedaan pendapat yang terjadi untuk mencari penyelesaian permasalahan yang terjadi.
  3. Disiplin. Penerapan disiplin yang tetap ada toleransi. Orangtua hendaknya memahami pelanggaran disiplin yang dilakukan anak apabila ternyata penyebab pelanggaran disiplin yang dilakukan memiliki alasan yang layak untuk dipertimbangkan.
  4. Psikososial. Keluarga memenuhi kebutuhan psikososial anak yang meliputi kebutuhan anak untuk berinteraksi dengan lingkungan teman sebayanya, serta pengembangan sifat dan tingkah laku anak yang disesuaikan dengan gender. Biarkan anak memahami potensi dan kapasitasnya sesuai dengan perannya kelak ketika dewasa. Melalui pemenuhan kebutuhan psikososial, anak akan belajar memahami posisi dan perannya sebagai makhluk pribadi sesuai dengan jenis kelamin.
  5. Usaha dan perjuangan. Segala permasalahan, hambatan dan rintangan yang dihadapi harus diselesaikan melalui usaha, kerja keras dan perjuangan. Melalui penerapan nilai ini, secara tidak langsung akan menghindarkan anak melakukan kecurangan ketika hendak mencapai tujuan.
  6. Taat dan tekun beribadah. Penanaman nilai-nilai spiritual dan religius pada anak dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bahwa jalan keluar segala permasalahan dan rintangan hanya bisa diselesaikan dengan usaha dan kerja keras serta tak melupakan menyerahkan hasilnya kepada Sang Penguasa.

Demikianlah beberapa tips keluarga ideal untuk pendidikan psikologis anak yang sebaiknya bisa dijadikan pertimbangan orangtua dalam mengasuh anak. Semoga bermanfaat.