Tips dan Cara Menangani Bayi Susah Makan

Banyak para ibu yang merasa bingung dan kesulitan dalam menangani bayi yang susah makan. Bayi yang mengalami susah makan merupakan sesuatu yang wajar terjadi, namun hal tersebut tidak bisa kita biarkan begitu saja karena bayi memerlukan banyak asupan makanan agar bisa menyerap nutrisi untuk pertumbuhannya. Pada umumnya yang mengalami kesulitan dalam menangani bayi susah makan adalah para ibu-ibu yang masih muda. Hal tersebut dikarenakan masih minimnya pengalaman yang mereka miliki dalam mengurus seorang bayi atau anak-anak mengingat ini adalah merupakan anak pertama yang mereka miliki.

Tips Bagi Para Ibu Dalam Menangani Bayi Susah Makan

Dalam menangani bayi susah makan sebaiknya para ibu tidak perlu terlalu panik. Yang harus mereka lakukan adalah mencari tahu dan belajar bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Mereka bisa meminta petunjuk pada ibu-ibu yang telah berpengalaman atau mencari berbagai sumber referensi yang bisa mereka gunakan dari buku-buku yang ada tentang cara mengasuh anak.
Mungkin tips ini juga bisa membantu para ibu yang sedang mengalami kesulitan menangani bayi susah makan:

  1.  Memberi makan bayi dalam porsi yang kecil.
    Makanan porsi kecil merupakan penyesuaian dengan lambung bayi yang hanya mampu menampung sedikit makanan.
  2.  Menyajikan makanan dengan menarik dan bervariasi
    Penyajian yang menarik dan penuh variasi akan menarik minat dan nafsu makan dari anak-anak. Ada baiknya jika kita juga memberikan menu pilihan atau membiarkan anak-anak memilih menu yang akan kita sajikan.
  3.  Mengajak anak untuk ikut membantu menyiapkan menu makanan
    Dengan mengajak anak untuk menyiapkan menu makanan maka diharapkan anak akan merasa lebih senang dan tertarik untuk makan.

Hal-hal Yang Perlu Dihindari Dalam Menangani Bayi Susah Makan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang ibu dalam mengatasi bayi atau anak yang susah makan. Berikut diantaranya:

  1. Jangan memaksa anak atau bayi untuk menghabiskan makanan jika mereka sudah tidak mampu makan lagi.
  2. Jangan membuat anak mau makan dengan cara membujuk apalagi sampai memaksa.
  3. Sebisa mungkin hindari gangguan yang ada atau akan terjadi pada saat anak makan, misalnyal jangan biasakan anak makan sambil melihat televisi atau sambil bermain.

Itulah beberapa tips dan saran yang harus dilakukan dan dihindari oleh ibu atau orang tua dalam menangani bayi yang susah makan.