Tips Agar Anak Nyaman dan Senang Bersekolah di Usia 5 – 12 Tahun

Bersekolah, bagi sebagian anak di usia 5 – 12 tahun adalah hal yang menyenangkan. Di sekolah, mereka bisa nyaman, bebas, dan belajar tanpa beban. Sebaliknya, bagi sebagian anak usia 5 – 12 tahun, sekolah justru merupakan tempat yang penuh horror. Mereka takut, segan, dan akhirnya malas untuk bersekolah.

Agar anak bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari sekolah, mindset anak harus dibuat positif terhadap sekolah. Dengan kata lain, si anak bisa nyaman dan senang bersekolah. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah tips agar anak nyaman dan senang bersekolah di usia 5 – 12 tahun.

  • Hal pertama yang menjadi tips agar anak nyaman dan senang bersekolah di usia 5 – 12 tahun adalah bertanya terlebih dahulu jenis sekolah yang diinginkan anak Anda. Misalnya saja sekolah yang dekat rumah, sekolah yang banyak teman-teman yang sudah dikenalnya, atau sekolah dengan kriteria tertentu. Jika Anda sudah tahu jenis sekolah yang diingini anak, Anda bisa mulai mencarinya. Cari sekolah lebih dari satu agar nanti anak bisa memilih.
  • Membiarkan anak-anak memilih dan menentukan sekolah yang disukainya. Dalam hal ini, walau pun anak Anda dibiarkan memilih sendiri sekolahnya, pastikan Anda memberikan pilihan kepada mereka sekolah-sekolah yang sudah Anda tahu kualitasnya. Jangan memaksakan anak untuk menuruti apa yang Anda mau karena hal ini bisa menjadi pemicu mereka untuk malas dan tidak senang bersekolah. Jika tidak dicapai kata setuju dari anak Anda dan dari Anda, cari jalan tengah yang bisa membuat anak Anda menerima dan Anda pun setuju.
  • Setelah dipilih sekolah yang disukai anak, kenalkan anak Anda pada guru-gurunya. Dengan begitu, anak Anda sudah bisa menilai akan seperti apa proses bersekolah yang akan dijalaninya.
  • Setelah kenal dengan gurunya, ajak anak Anda berjalan-jalan di sekolah itu dan juga lingkungan sekitar sekolah. Ajak juga anak Anda melihat ruangan-ruangan sekolah atau fasilitas sekolah itu yang mungkin menarik minat anak. Misalnya saja lapangan basket, kolam renang, laboratorium, studio, atau yang lainnya.
  • Ajak anak Anda bersosialisi dengan teman-teman yang akan menjadi temannya nanti. Sebagai sebuah awal, mengajak kenalan anak lain dan mengenalkannya pada anak Anda bisa menjadi pilihan.
  • Berikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan anak Anda dalam bersekolah di sana. Misalnya saja mendukung anak masuk ekstrakurikuler, membelikan alat-alat musik, alat-alat olahraga, dan lain-lain.
  • Mengajak berdiskusi atau mengobrol dengan anak mengenai sekolah dan pelajaran di sekolah. Dengan begitu akan terlihat apakah anak antusias dan senang dengan sekolahnya atau tidak.

Nah, itulah di antaranya tips agar anak nyaman dan senang bersekolah diusia 5 – 12 tahun. Pastikan Anda selalu mendukung apa yang dipilih anak Anda karena dengan begitu, anak bisa menjadi nyaman dan senang bersekolah. Semoga bermanfaat.