Tips Agar Anak Lebih Berani

Tidak jarang anak terlihat takut dalam keramaian, bahkan ada yang langsung menangis ketika dikenalkan pada orang baru. Bukan hanya itu, anak yang kurang berani membuatnya tidak mandiri sebab dia akan terus berlindung di belakang orangtuanya dalam berbagai kondisi. Apa tips agar anak lebih berani di usia 5 – 12 tahun?

Untuk Anda yang memiliki anak penakut dan ingin membuatnya lebih berani berikut kami sajikan tips yang bisa Anda aplikasikan pada anak Anda:

  1. Katakan berani itu keren. Katakan pada anak Anda dan afirmasikan di benaknya bahwa dia harus berani dan berani itu keren. Bukan berarti dia harus berani dalam segala hal termasuk berani berbuat buruk, Anda tetap harus memberikan petunjuk dalam hal apa dia harus menunjukkan keberaniannya. Berani itu keren! Dan kata keren akan memotivasinya untuk lebih berani.
  2. Ajak bertemu dengan banyak orang. Walau mungkin anak akan ngumpet ketika bertemu banyak orang, namun kebiasaan mengajaknya lambat laun akan menghancurkan rasa takutnya dan digantikan dengan rasa percaya diri untuk berbaur bersama banyak orang. Mungkin butuh waktu, namun Anda harus melakukannya. Awalnya, mungkin Anda kasihan melihat si anak yang terlihat cemas, namun akhirnya Anda akan tersenyum ketika si kecil sudah mau berjabat tangan atau sekadar memasang wajah tenang dalam kerumunan.
  3. Masukkan dia dalam kelompok anak menyesuaikan dengan bakatnya. Cari tahu bakat anak Anda dan masukkan dia dalam kelompok anak yang memiliki bakat sejenis. Mengikuti les salah satunya, les musik, les bahasa, atau les drama akan membuat anak semakin terlatih untuk menekan rasa takut yang dimilikinya.
  4. Tingkatkan percaya dirinya. Bisa jadi rasa takutnya berawal dari ketidakpercayaan dirinya. Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan dia tidak percaya diri lalu pulihkan perlahan-lahan sehingga dia menjadi lebih mampu dan mau untuk bertindak berani.
  5. Hentikan tontonan yang seram jika anak penakut karena setan atau kuntilanak seperti yang dia tonton dan kembalikan dia pada tontonan yang sehat.

Demikian tips agar anak lebih berani di usia 5 – 12 tahun ini semoga bermanfaat untuk Anda.