Tidak Ada Kaitan Antara Imunisasi Dan Autisme Pada Balita

Imunisasi dan autisme pada anak saat ini masih menjadi perbincangan yang sengit di internet. Banyak berita miring yang menyatakan bahwa imunisasi bisa menyebabkan autisme pada anak. Akan tetapi hal ini terbantahkan dengan adanya hasil studi terbaru yang dimuat di ‘Journal Pediatrics’.

Berita yang dimuat oleh CNN mengatakan bahwa imunisasi atau vaksinasi lengkap pada anak sejak usia 1-2 tahun pertama tidak memiliki kaitan dengan kasus autisme yang diderita anak.

Memang masih banyak orang tua yang merasa takut untuk memvaksinasi lengkap putra putri mereka. Ketakutan ini di dorong dengan adanya informasi yang salah yang menyatakan bahwa imunisasi meningkatkan resiko autisme anak.

“Imunisasi dan autisme telah menjadi isu yang sangat penting. Orang tua bahkan banyak yang memutuskan untuk tidak memberikan vaksin hanya karena berfikiran bahwa hal ini bisa membuat anak mereka menderita autisme,” kata Geraldine Dawson, kepala Science Officer Autism Speaks seperti yang dikutip dari TIME.

Penelitian yang telah di publikasi ini dilakukan dengan melakukan pengamatan pada anak yang telah di beri imunisasi lengkap. Melibatkan 752 anak yang tidak menderita gangguan autisme serta 256 anak yang menderita gangguan autisme. Anak-anak tersebut lahir dikisaran tahun 1994 hingga 1999.

Penelitian difokuskan pada pencatatan pemberian jumlah vaksin yang telah diberikan beserta jumlah antigen yang telah dihasilkan pada periode tertentu. Waktu yang dipilih adalah setelah lahir hingga usia tiga bulan, setelah lahir sampai usia tujuh bulan, dan setelah lahir hingga dua tahun.

Menurut ketua peneliti, Dr Frank DeStefano menyatakan bahwa setelah membandingkan paparan antigen pada kedua golongan anak tersebut ternyata tidak memiliki perbedaan. Paparan antigen anak autisme dan non autisme adalah sama.

“Tidak ada katan antara paparan antigenik dengan perkembangan autisme,” kata DeStefano.

Artinya menurut DeStefano menjelaskan lebih rinci bahwa imunisasi lengkap pada anak tidak berhubungan dengan timbulnya autisme pada anak. Jadi sebenarnya tidak ada keraguan lagi bagi para ortu untuk tidak memvaksinasi buah hati mereka dengan demikian anak terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan.