Terapi Relaksasi Perlancar ASI

Sudah menjadi rahasia umum apabila penggunaan berbagai macam konsumsi ramuan tradisional ataupan asupan konsumsi makanan tertentu digunakan untuk memperlancar ASI, baik dalam proses produksinya ataupun proses pengeluarannya dalam tubuh, namun barangkali jarang yang memperhatikan bahwa kondisi psikologis ibu menyusui yang tenang dan tentram juga merupakan salah satu faktor penting yang mendukung proses kelancaran produksi ASI atau proses pengeluaran ASI dari dalam tubuh, oleh karenanya diperlukan beberapa terapi relaksasi yang berguna untuk mencapai kondisi psikologis ibu menyusui yang tenang dan tentram. Apa saja jenis dan macam terapi relaksasi perlancar ASI yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam terapi relaksasi perlancar ASI yang dapat dilakukan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Pemijatan. Tidak hanya pijatan payudara yang dapat digunakan untuk memperlancar produksi ASI, namun pemijatan seluruh tubuh terutama pada bagian tengkuk, leher belakang ataupun area kepala oleh pasangan, dalam hal ini adalah suaminya juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah serta mengendurkan urat syaraf yang tegang karena lelah, stress atau bahkan depresi.
  • Akupuntur. Menurut salah seorang ahli terapis acupuncture, dikatakan bahwa beberapa titik meridian tertentu pada daerah leher, kepala belakang serta ruas tulang punggung berguna untuk melancarkan kinerja jantung dalam transportasi darah ke seluruh tubuh, serta merangsang kelenjar hipotalamus pada otak untuk memproduksi hormon endorphin yang berguna untuk meredakan ketegangan urat syaraf.
  • Aroma terapi. Beberapa jenis penggunaan aroma terapi seperti aroma terapi cypress dapat digunakan untuk meningkatkan atau memperlancar sistem sirkulasi peredaran darah, aroma terapi jasmine yang berguna sebagai anti depresan, aroma terapi rosemary yang dapat digunakan untuk mengendurkan ketegangan otot ataupun urat syaraf serta penggunaan aroma terapi geranium untuk memperlancar pengeluaran ASI dalam tubuh.

Demikianlah beberapa jenis dan macam terapi relaksasi perlancar ASI yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui. Alangkah lebih baik apabila terapi relaksasi ini dilakukan secara sistemik dalam kurun waktu seminggu sekali agar kesehatan tubuh ibu menyusui baik secara fisik maupun psikologis dapat tetap terjaga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.