Tahap Tumbuh Kembang Balita dan Bagaimana Memantaunya

Proses pertumbuhan dimulai pada saat pembuahan dan berlanjut sampai anak menjadi dewasa.  Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang teratur dan berkesinambungan. Urutan pertumbuhan adalah sebanding hampir pada semua anak , namun pertumbuhan tidak selalu persis sama. Jika pertumbuhan anak diplot pada grafik maka  kurva akan berbentuk sigma. Selama masa pertengahan, anak-anak tumbuh dengan kecepatan tetap.

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah studi tentang bagaimana anak tumbuh dan berubah dari waktu ke waktu. Anak Anda tumbuh dan  berkembang dalam tiga bidang utama :  ada perubahan fisik, perubahan intelektual dan sosial-emosional. Psikolog mempelajari pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengidentifikasi, untuk memprediksi dan menjelaskan perilaku anak. Tujuan lainnya adalah untuk menjelaskan mengapa seorang anak berkembang dengan cara-cara tertentu.

Pengetahuan umum  tentang tumbuh kembang anak memungkinkan orang tua untuk memahami anak mereka lebih baik. Orang tua akan lebih mampu membimbing, mengarahkan dan mendorong pertumbuhan anak, ketika memahami pertumbuhan dan perkembangan mereka. Orang tua yang dibekali dengan pengetahuan tentang tumbuh kembang anak, akan menjadi  orangtua dengan pemahaman yang lebih besar tentang anak mereka, dan mereka akan menetapkan batas dan tujuan yang realistis.

Beberapa contoh di bawah bisa memberikan gambaran bagaimana tahap tumbuh kembang anak balita. Setiap ibu tahu betul tentang pertumbuhan anak dan tahap perkembangan sebelum bayi mencapai usia satu tahun. Tetapi tidak banyak orangtua yang bisa mengatakan secara pasti, pada usia berapa  anak mereka harus mulai naik sepeda atau mengikat tali sepatunya. Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa perkembangan setiap anak sangat individual.

Berikut ini adalah contoh perkembangan anak usia 2  sampai 4 tahun. Perlu diingat bahwa anak akan mengalami kemajuan dalam perkembangannya, hanya jika anak menikmati proses.

Pada usia 2 tahun, ini anak-anak berlari dan melompat dengan baik. Anak belajar untuk sudah mulai belajar untuk tidak ngompol..

Pada usia  3 tahun, anak-anak biasanya berpakaian dan membuka pakaian sendiri (dengan berbagai tingkat keberhasilan). Anak pada usia ini mengontrol tubuh mereka cukup baik. Pada usia ini juga sangat biasa terjadi,  bayi yang dulunya gemuk berubah menjadi anak kurus. Tinggi dan berat badan seorang anak harus tumbuh merata. Jika berat badan tumbuh lebih cepat dari pada tinggi maka anak Anda mungkin akan mendapatkan kelebihan berat badan.

Pada usia 4 tahun, anak dapat memiliki hingga 1000 kata dalam perbendaharaan kata mereka. Ingatlah bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki tahap tumbuh kembangnya secara individual.

Jika anak mempunyai kemampuan berbeda dengan anak seusianya, itu adalah hal yang lumrah.