Tahap Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan harus diketahui dengan baik, sehingga jika ada keluhan atau keterlambatan perkembangan, bisa diatasi sedini mungkin. Hal ini bisa membantu perkembangan janin didalam kandungan berjalan dengan baik dan meminimalisir adanya kecacatan saat kelahiran. Perkembangan janin pada usia 5 bulan akan dijelaskan lebih spesifik dan dikelompokkan menjadi perkembangan mingguan, dimulai dari minggu ke 17, 18, 19, dan 20. Di setiap minggu perkembangan janin selalu berbeda dan ini harus diketahui dengan baik.

Perkembangan Janin pada Minggu ke 17

Kulit janin sudah berkembang, namun masih transparan dan terlihat merah karena pembuluh darah yang terlihat jelas. Berat bayi sekitar 120 gram, dan perut akan berbentuk oval. Telinga sudah terbentuk sempurna dan berada di posisi akhir. Karena rahim membesar, rahim terdorong dari rongga panggul mengarah ke rongga perut. Otomatis usus ibu terdorong nyaris mencapai daerah hati, sehingga kadang terasa menusuk ulu hati.

Perkembangan Janin pada Minggu ke 18

Pada minggu ini, janin dapat mendengarkan suara dari luar tubuh ibu. Janin akan memberikan respon dengan menggerakkan badannya atau bahkan melompat pada waktu ia mendengar suara yang keras. Otot Janin sudah dapat relaks dan berkontraksi, Janin sudah dapat meninjau, menendang serta sudah sangat aktif bergerak. Dalam minggu ini ibu sudah dapat merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali. Diperkirakan, berat janin sekitar 150 gram.

Perkembangan Janin pada Minggu ke 19

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan berlanjut pada minggu ke 19. Jika di minggu sebelumnya anda tidak merasakan gerakan, pada minggu ini anda akan merasakan gerakannya. Perkembangan otak janin telah mencapai jutaan syaraf motorik, sehingga dia sudah mampu menggerakkan tubuhnya secara sadar. Berat janin sekitar 200gram dan tinggi 23cm.

Perkembangan Janin pada Minggu ke 20

Di usia ini ibu harus memakan banyak makanan yang mengandung zat besi, karena kebutuhan darah janin pun meningkat tajam, sehingga anemia tidak mengancam kehamilan. Kulit janin sudah bisa dibedakan menjadi dua lapisan, yaitu lapisan epidermis (lapisan luar) dan dermis (lapisan dalam). Otot janin terbentuk semakin sempurna, sehingga gerakannya akan semakin terasa. Janin bergerak sekitar 200 kali dalam sehari, namun ibu hanya merasakan sedikit gerakan saja. Semua perkembangan ini sebaiknya anda perhatikan, karena jika pada Perkembangan Janin Usia 5 Bulan anda belum merasakan gerakan janin, sebaiknya anda segera memeriksakan keadaan janin anda ke dokter.