Tahap Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Setiap wanita pasti berbahagia ketika mengetahui bahwa ada janin didalam kandungannya. Janin ini membutuhkan nutrisi dan pantauan perkembangan yang intensif, termasuk Perkembangan Janin Usia 4 Bulan. Pada setiap bulan, sebaiknya ibu mengetahui apa saja perkembangan yang harus ditunjukkan oleh janin, sehingga jika memang terdapat kelainan, ibu bisa langsung mengkonsultasikan nya ke dokter. Biasanya ada jadwal rutin yang memang harus dijalani ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya ke dokter, dengan begitu perkembangan dan nutrisi janin akan berjalan dengan baik.

Perkembangan Janin usia 4 bulan

Jika anda sedang mengandung 4 bulan, maka anda harus mengetahui apa saja perkembangan yang seharusnya sedang berlangsung pada janin anda. Perkembangan janin pada minggu ke 13 adalah pada retina, kornea, iris, serta lensa mata janin. Organ ini sudah dapat berfungsi dengan baik, sehingga janin sudah bisa mengedipkan mata dan peka terhadap cahaya. Selain itu kulit, otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk. Janin juga sudah bisa merasa detak jantung bundanya. 7,5 cm adalah perkiraan panjang bayi pada usia ini di mana paru-paru, trakea, perut, pankreas, hati serta ususnya mulai berkembang hingga ke fungsi paling akhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Pada minggu ini jari tangan dan telapak kaki mulai terlihat.

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan selanjutnya adalah pada minggu ke 14. Pada minggu ini semua bagian tubuh bayi seperti leher, dada, dan telinga sudah mulai menempati tempatnya dengan sempurna. Jenis kelamin juga sudah mulai terlihat. Janin sudah mulai merasakan sesuatu yang terjadi di luar rahim, misalnya usapan pada perut ibu.

Kemudian pada minggu ke 15, janin dapat mendengar suara perut, denyut jantung serta suara anda. Pada usia ini rambut di kepala serta alis dan bulu mata sudah mulai tumbuh. Ukuran janin saat ini kurang lebih seberat 114 gram, panjangnya kurang lebih 15 cm. Perkembangan terakhir pada bulan ke 4 adalah panjang janin sudah mencapai 16 cm dan berat 135 gram, gerakannya lebih kuat dan dapat dirasakan. Gerakannya semakin aktif, janin mulai merenggangkan tubuhnya, menghisap ibu jarinya, menguap, dan cegukan.

Jika Janin Tidak Berkembang Dengan Baik

Sebaiknya anda mengetahui Perkembangan Janin Usia 4 Bulan, sehingga ketika ada masalah yang timbul seperti tidak ada gerakan yang terasa dari dalam perut ketika pada minggu ke 16, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter agar anda dapat mencegah hal buruk yang mungkin saja terjadi.