Strategi Berkomunikasi Yang Baik Antara Orang Tua Dan Anak Di Usia 5 – 12 Tahun

Setiap orang tua pasti menginginkan untuk dapat berkomunikasi yang baik dengan anak – anaknya. Disaat anak butuh tempat curhat, orang tua pastilah ingin selalu menjadi orang pertama yang dituju oleh anak – anaknya. Orang tua harus bisa berkomunikasi dengan baik dan dapat menjadi sumber informasi untuk  anak – anaknya . Terutama saat anak beranjak remaja, dimana masa – masa tersebut adalah masa pencarian jati dirinya, maka orang tua harus selalu siap untuk berdiskusi dengan anak untuk menjadi sumber masukan terbaik mengenai masalah yang sedang dihadapi anak.

Strategi  Berkomunikasi Yang Baik Antara Orang Tua Dan Anak Di Usia 5 - 12 TahunSetiap anak akan melewati beberapa fase dalam kehidupannya, dan orang tua juga pastinya perlu menerapkan perlakuan berbeda pada setiap fase pertumbuhan anak. Di era globalisasi saat ini, dimana zaman sudah sangat  berubah, orang tua pun dituntut untuk terus belajar dan memahami perkembangan anak. Karena pastilah didikan dimasa orang tua kecil dulu belum tentu tepat untuk diterapkan pada anak di masa sekarang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat mempengaruhi gaya hidup manusia dalam kehidupan.Deras nya arus globalisasi telah  merubah gaya hidup dan komunikasi manusia.

Strategi  berkomunikasi yang baik antara orang tua dan anak di usia 5 – 12 tahun  adalah menghindari kekerasan secara verbal dan fisik. Orang tua harus dapat berbicara dengan halus dan tidak menggunakan kata – kata kasar atau berteriak. Serta tidak melakukan kekerasan fisik pada anak, seperti memukul, mencubit dan sejenisnya..

Lingkungan keluarga adalah contoh pertama yang akan dilihat dan diikuti anak pada masa tumbuh kembangnya. Orang tua lah yang akan menjadi contoh awal pembentukan karakter anak. Strategi  berkomunikasi yang baik antara orang tua dan anak di usia 5 – 12 tahun ini diperlukan pemahaman orang tua  untuk  dapat memahami perkembangan anak dijaman modern ini dimana arus informasi dan kebudayaan sangat berbeda dengan jaman orang tua saat kecil dahulu.Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan anak dan untuk menjauhkannya dari hal – hal negative dalam kehidupannya.Orang tua dituntut untuk memahami sifat dan karakter anak yang mulai berkembang dalam pembentukan kepribadian dan karakternya.Akan sangat baik apabila orang tua dapat mengikuti cara berkomunikasi yang disukai oleh anak.

Jangan memaksakan anak mengikuti kemauan orang tua, gunakanlah gaya bicara yang bisa diterima dan dipahami oleh anak. Dengan begitu, anak akan merasa dekat dengan orang tua dan pada akhirnya akan dengan senang hati mengikuti nasihat dan harapan orang tua.

Sebagai orang tua kita harus terus belajar memahami perkembangan dan cara komunikas yang baik dengan anak. Perbanyaklah mengikuti pelatihan  – pelatihan parenting untuk mengembangkan wawasan untuk berkomunikasi yang baik dengan anak.Dengan demikian orang tua pun akan terus memiliki strategi yang tepat dalam berkomunikasi dengan anak yang pastinya sangat bermanfaat untuk masa depan sang anak itu sendiri.