Sering Ajak Bayi Bermain, Pengaruhi Perkembangan Otak

Tak banyak disadari bahwa kebiasaan orang tua sering ajak bayi bermain, pengaruhi perkembangan otak bayi. Hal ini karena kegiatan bermain yang dilakukan dengan bayi dapat merangsang perkembangan otak bayi tersebut.

Hanya saja, pemilihan permainan memang dapat untuk disesuaikan dengan usia dari si bayi. Permainan yang sederhana namun sudah dapat untuk merangsang motorik dan kognitif dari si bayi.

Hal ini akan menjadi sebuah media pembelajaran yang amat menarik bagi si anak. karena ketika si bayi sedang bermain, ia tak akan merasa bahwa dirinya sedang belajar dan mengembangkan kemampuan otaknya. Yang dirasakan adalah sedang di dalam permainan, namun hal menyenangkan ini sudah memberikan pengaruh yang positif.

Sering ajak bayi bermain, pengaruhi perkembangan otak. Ya, Ada dua jenis permainan yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan usia si bayi, keduanya yaitu:

  1. Permainan gerak sederhana. Pada jenis permainan ini, tak membutuhkan banyak alat untuk bermain. Ibu atau orang tua hanya perlu untuk mengajak bayi bergerak dan permainan dapat dimulai. Contohnya adalah bermain petak umpet, tepuk dan gaya, serta gerak dan tebak. Jenis permainain ini dapat membantu otak bayi untuk menciptakan ekspresi yang tepat dari apa yang telah dipahaminya.
  2. Permainan dengan alat main. Sebut saja, puzzle atau lego. Orang tua dapat menyiapkan hal ini dan mengajak anak untuk bermain dengan dua hal ini. bayi akan mulai untuk mengekspresikan ide dan pemahaman dalam otaknya melalui bentuk fisik yang nyata.

Orang tua dapat ikut serta dan kemudian memberikan tambahan pemahaman kepada anak melalui jenis permainan ini.

Jenis permainan lain yang dapat dilakukan oleh si anak adalah permainan yang mengeluarkan energi seperti gerakan tertentu. Anak dapat bermain mobil-mobilan, merangkak seperti menjadi kuda-kudaan dan beberapa permainan yang lain. Hal ini dapat untuk merangsang perkembangan sensor motorik anak dengan lebih baik, dan tentunya akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan otak secara keseluruhan.

Sering ajak bayi bermain, pengaruhi perkembangan otak bayi dan hal ini dapat dilakukan dengan melakukan permainan yang sederhana antara bayi dan orang tua. Menyenangkan bukan?