Sembelit Pada Balita

Sembelit pada balita adalah fenomena yang relatif normal. Bahkan, diperkirakan bahwa sekitar setengah dari semua balita akan mengalami sembelit balita pada satu waktu. Gejala sembelit balita termasuk gerakan usus yang jarang (ditandai dengan buang air besar setelah 2-3 hari), tinja keras, mengejan saat buang air besar.

Sembelit Balita benar-benar menjadi lingkaran setan: gerakan usus terluka, sehingga mereka mencoba untuk menahan mereka, yang membuat tinja lebih keras, yang membuat mereka lebih menyakitkan. Untungnya ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan sembelit balita yang melibatkan beberapa perubahan gaya hidup.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk memberikan anak Anda makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, sereal dan bahkan mentega kacang semua makanan yang baik untuk membantu menghilangkan sembelit. Pastikan anak Anda memiliki asupan cairan yang baik. Berikan segelas air atau jus buah selama bermain pagi atau sore.

Anda mungkin harus berhenti memberikan susu dan keju selama beberapa hari sampai buang air besar menjadi teratur kembali. Anda tidak harus memberikan anak Anda pobat encahar. Bahkan, Anda tidak harus memberikan anak Anda obat untuk sembelit tanpa konsultasi dokter. Untungnya, ada banyak solusi alami untuk sembelit balita sehingga Anda tidak harus bergantung pada obat-obatan.

Sembelit pada balita Anda bisa menjadi masalah menakutkan. Untungnya, beberapa solusi terbaik sembelit balita cukup mudah diikuti dan dapat dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Pertama, Anda ingin memastikan anak Anda minum cukup cairan. Untuk memastikan anak Anda buang air kecil tandanya adalah setidaknya sekali setiap 3 jam saat mereka terjaga. Jika demikian, mereka berarti mendapatkan cukup cairan. Berikutnya, cobalah untuk meningkatkan jumlah serat yang anak Anda mengkonsumsi. Beri mereka lebih buah dan sayuran segar, gandum utuh, dan sereal tinggi serat dan lihat apakah ini membantu. Itu selalu ide yang baik untuk memulai dengan air dan asupan serat sebelum pindah ke obat sembelit balita lainnya.

Beberapa makanan terbaik untuk masalah ini buah prune karena mereka adalah pencahar alami. Magnesium adalah nutrisi lain yang bisa Anda coba. Magnesium berperan sebagai pencahar dan dapat ditemukan dalam banyak makanan yang sama dengan serat.  Tentu saja jika anak Anda tidak dapat mengunyah sepenuhnya, ada suplemen magnesium yang dapat dicampur ke dalam jus atau minuman lain. Solusi lain yg Anda mungkin ingin coba adalah menambahkan suplemen serat. Suplemen ini meningkatkan asupan serat anak Anda dan membantu untuk membuat buang air besar lebih menyerap air yang kemudian memungkinkan mereka keluar dengan mudah. Anda dapat menemukan ini di hampir setiap toko.

Sembelit terjadi ketika bahan limbah bergerak melalui usus terlalu lambat. Hal ini ditandai sebagai buang air besar jarang dan berlalunya tinja yang keras dan menyakitkan. Biasanya sembelit disebabkan oleh diet rendah serat, menelan makanan berbasis susu terlalu banyak seperti susu dan keju, tidak minum cukup air atau menunggu terlalu lama untuk pergi ke kamar mandi. Menunggu terlalu lama untuk pergi ke kamar mandi sangat umum di kalangan anak balita. Sungguh menakjubkan bagaimana anak-anak akan mengabaikan dorongan untuk menggunakan kamar mandi sampai saat terakhir dan akhirnya ngompol di celana.

Ingatkan anak Anda untuk pergi ketika mereka memiliki keinginan dan tidak menunggu sampai menit terakhir. Sembelit paling baik ditangani dengan membuat perubahan pola makan. Sampai sembelit menjadi parah pelunak tinja dan pengobatan alami dapat digunakan.

Beberapa tindakan yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah sembelit pada anak Anda meliputi:

Peningkatan cairan: Meningkatkan jumlah air dan jus buah yang anak Anda minum setiap hari.

Meningkatkan serat: Meningkatkan jumlah buah-buahan dan sayuran. Buah dikupas dan sayuran seperti buncis, kentang manis, kacang polong, lobak, tomat mentah dan jagung mengandung jumlah yang sangat baik dari serat. Sup sayuran sangat tinggi serat dan juga menambahkan cairan lebih banyak untuk diet anak Anda.

Meningkatkan biji-bijian: bekatul baik untuk diet anak Anda seperti sereal kulit padi, gandum diparut, biskuit, atau roti gandum.

Mengurangi makanan penyebab sembelit: Makanan yang menyebabkan sembelit termasuk susu sapi, yoghurt, keju, wortel, dan pisang. Minum susu terlalu banyak (anak Anda hanya dapat minum 2-3 cangkir sehari) dapat menimbulkan sembelit.

Banyak obat-obatan yg bisa digunakan untuk mencegah sembelit dan dapat dibeli di apotek setempat. Tidak seperti obat pencahar, pelunak tinja biasanya tidak dianggap sebagai kebiasaan. Anda harus menggunakannya sekali atau dua kali sehari dan bekerja sampai pada dosis sampai anak Anda adalah memiliki kotoran lunak setiap hari. Jika anak Anda mulai mengalami diare, maka Anda memberi terlalu banyak dan harus mengurangi dosis. Jika anak Anda telah sembelit untuk waktu yang lama ia mungkin perlu “dibersihkan” sebelum pelunak tinja akan bekerja dengan menggunakan enema, supositoria gliserin atau dosis tinggi minyak mineral.

Hindari seringnya penggunaan enema, supositoria dan obat pencahar karena mereka dapat menjadi kebiasaan. Hubungi dokter Anda sebelum mengobati anak dengan obat-obatan.

Vitamin C dengan Bioflavonoid – memiliki pembersihan dan efek penyembuhan.

Aloe Vera – menyembuhkan dan membersihkan saluran pencernaan dan melunakkan tinja bila diambil secara internal.

Jahe – merangsang sistem pencernaan dan membantu makanan melalui usus.

Biji-bijian – Anda dapat membeli biji rami dan menghancurkan mereka sendiri dan menambahkannya dalam makanan Anda. Pastikan untuk minum banyak air.