Sayur Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang penting yang diperlukan tubuh anak. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, memperkuat akar rambut, membantu penyerapan nutrisi oleh akar rambut. Zat besi juga merupakan antioksidan dan mampu meningkatkan kecerdasan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, kurang darah atau anemia. Zat besi mampu mengikat oksigen dalam darah sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Untuk mencegah tubuh anak dari anemia, maka perlu mengkonsumsi makanan dan sayur yang mengandung zat besi contohnya adalah daging merah, hati dan sayuran berwarna merah. Namun mengkonsumsi daging merah dan hati dalam jumlah banyak bukanlah tindakan yang bijaksana, karena dapat menimbulkan penyakit jantung. Oleh karena itu sebaiknya kita memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi sayuran.

Mau tahu apa saja sayur yang mengandung zat besi? Sayur yang mengandung zat besi diantaranya adalah:

  • Bayam
    Bayam hijau dan bayam merah memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, namun bayam merah memiliki kandungan zat besi yang lebih banyak dibandingkan bayam hijau. Mengkonsumsi bayam dapat mencegah tubuh dari kekurangan akan zat besi.
  • Bit
    Bit merupakan sayuran berbentuk umbi berwarna merah, mengandung banyak zat besi dan anti oksidan yang sangat baik untuk melawan sel kanker, virus dan mencegah anemia. Bit dapat dikonsumsi dengan cara di jus atau disajikan dalam bentuk makanan.
  • Kangkung
    Sayuran daun berwarna hijau ini juga merupakan sumber zat besi bagi tubuh. Terdiri dari dua jenis yaitu kangkung air dan kangkung darat.
  • Jagung
    Sama seperti kangkung, jagung juga memiliki beberapa varietas, ada jagung manis, jagung ketan dan jagung biasa. Namun semuanya memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh.
  • Tomat
    Sayuran buah yang dapat dikonsumsi mentah, berwarna hijau hingga merah dan memiliki rasa manis masam.
  • Kubis merah
    Kubis merupakan sayuran bunga berwarna merah yang juga dapat dikonsumsi mentah.
  • Lobak
    Lobak merupakan sayuran umbi seperti wortel berwarna putih. Rasanya sedikit pedas dan dapat anda gunakan sebagai acar atau pun pelengkap daging.
  • Kentang
    Merupakan sayuran umbi yang mengandung racun bila dimakan mentah.

Usahakan anak mengkonsumsi sayuran di atas untuk memberikan zat besi yang dibutuhkan tubuh anak.