Resiko Melahirkan Di Usia 40 Tahun

Apakah resiko melahirkan di usia 40 tahun? Beberapa resiko yang mungkin bisa dialami adalah tekanan darah tinggi akibat melahirkan pada ibu dan down syndrome pada anak. Melahirkan diusia ini memang penuh resiko, namun jika ibu memang merencanakan untuk hamil di usia ini, tidak perlu khawatir, karena banyak ibu hamil di usia 40 tahun dapat menjalani kehamilan dengan baik dan melahirkan dengan selamat.

Jangan bebani pikiran dengan hal yang mengerikan, jika bisa berhati-hati dalam menjalani kehamilan seperti dengan selalu mengkonsultasikan perkembangan kehamilan ke dokter, agar bisa melewati masa ini dengan baik. Konsultasikan semua hal yang ingin ditanyakan kepada dokter, dokter akan membantu dan biasanya calon ibu akan menjalani serangkaian tes. Percayalah bahwa semua ibu bisa melakukannya dan akan melahirkan bayi yang sehat meskipun saat ini tidak berada pada usia produktif lagi.

Bagaimana Cara Menghadapi Kehamilan Pada Usia 40 Tahun-an?

Merencanakan kehamilan pada usia 40 tahun tidaklah salah, banyak sudah ibu yang melahirkan dengan selamat di usia ini. Salah satu cara yang baik dilakukan untuk mendapatkan kesempatan melahirkan di usia 40 tahun dengan selamat adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini akan meminimalisir resiko buruk yang mungkin saja terjadi pada ibu maupun calon bayi kelak. Jika pada usia diatas 40 tahun memiliki berat badan ideal dan jauh dari obesitas, maka resiko melahirkan di usia 40 tahun yang berbahaya akan menurun dan aman bagi ibu untuk hamil. Jika memang merencanakan kehamilan kembali, sebaiknya atur kembali pola makan dengan pola makan sehat, teratur, dan seimbang.

Pola makan sehat adalah dimana memakan makanan sehat yang jauh dari pemanis buatan, pengawet, atau bahkan makanan yang mengandung lemak jahat. Makan yang teratur adalah makan yang terjadwal dengan baik. Makanan seimbang adalah dimana  menyesuaikan porsi makan dengan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin serta cairan. Semua nutrisi ini sebaiknya ada dalam setiap hari pada menu makanan agar kebutuhan tercukupi dengan baik. Jika ingin hidup lebih sehat, sempatkan untuk berolahraga setiap harinya. Olahraga akan membantu hidup lebih sehat dan akan mempersiapkan kehamilan sehat di usia 40 tahun.

Resiko Hamil Wanita Usia 40 Tahun Dengan Masalah Obesitas

Obesitas tentu saja tidak baik bagi kesehatan, apalagi pada ibu hamil di usia 40 tahun keatas. Ibu hamil yang mengalami obesitas kemungkinan besar melahirkan bayinya lebih awal dari 37 minggu. Kelahiran yang terlalu awal ini akan meningkatkan resiko kesehatan yang buruk pada bayi. Wanita berusia 40 tahun lebih dan mengalami obesitas juga memiliki resiko tiga kali lipat untuk menderita gestational diabetes, yaitu diabetes yang muncul pada masa kehamilan. Sebaiknya menjaga berat badan agar tetap pada batas ideal.

Jika memang berencana hamil di usia 40 tahun atau memang sedang merencanakan untuk hamil, maka tidak perlu khawatir lagi, karena sudah dalam keadaan sehat dan siap untuk hamil. Jangan bebani pikiran dengan penyakit-penyakit atau komplikasi serius pada saat melahirkan di usia 40 tahun keatas. Sudah banyak ibu yang melewati masa ini dan mereka berhasil.

Percayalah pada diri sendiri dan lakukanlah konsultasi kepada dokter secara rutin. Dokter akan membantu melewati masa kehamilan dengan baik hingga melahirkan bayi yang sehat. Untuk mengurangi resiko melahirkan di usia 40 tahun dapat dilakukan dengan tetap menjaga berat badan ibu pada batas normal. Ibu bisa menghitung indeks masa tubuhnya dengan kalkulator IMT yang tersedia di beberapa website secara gratis.