Pola Makan Sehat Pada Kehamilan Trimester Pertama

Selamat atas kehamilan Anda. Di dalam tubuh Anda kini hidup bayi yang juga membutuhkan cukup energi dan nutrisi untuk dapat tumbuh dan berkembang sempurna. Meski demikian tidak berarti Anda harus makan dua kali lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam tubuh Anda. Karena selama kehamilan, tubuh Anda menjadi lebih efisien dan mampu menyerap lebih banyak nutrisi yang Anda makan. Jadi mengkonsumsi dua kali lebih banyak tidak serta merta melipatgandakan kesempatan Anda memiliki bayi yang sehat, tapi bisa berarti kenaikan berat badan berlebihan untuk Anda, yang dapat menempatkan Anda pada risiko komplikasi kehamilan.

Jika saat awal kehamilan Anda termasuk dalam kategori berat badan sehat, Anda tidak perlu tambahan kalori pada trimester pertama. Anda akan butuh tambahan sekitar 300 kalori ekstra per hari pada trimester kedua, dan sekitar 450 kalori ekstra per hari pada trimester ketiga. Jika Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, Anda harus menambah atau mengurangi berat badan tergantung pada tujuan Anda mendapatkan berat badan.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tanpa makan lebih banyak? Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan nutrisi selama kehamilan:

  • Rencanakan makanan dan makanan ringan berdasarkan persyaratan yang diuraikan dalam Piramida Makanan Sehat. Pelajari lebih lanjut tentang perencanaan makan untuk kehamilan.

piramida makanan

  • Untuk memenuhi kebutuhan harian Anda untuk protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan vitamin dan mineral penting selama kehamilan, makanlah berbagai variasi makanan.
  • Cobalah untuk meminimalkan konsumsi makanan yang tinggi kalori tapi sedikit nutrisi seperti minuman bergula, gorengan, makanan dengan lemak ekstra dan gula.
  • Menambahkan makanan ringan rendah kalori untuk asupan harian Anda adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kalori sehat yang dibutuhkan bayi Anda.
  • Pilih makanan dan kudapan padat gizi seperti yogurt, kacang, telur rebus, beberapa buah segar atau sayuran. Pilih roti gandum atau beras merah atas roti putih halus atau nasi putih, dan buah-buahan segar atau buah beku tanpa pemanis daripada buah-buahan kaleng dalam sirup gula.
  • Kurangi konsumsi lemak, minyak, dan permen. Dan pastikan untuk memilih lemak sehat.
  • Bila Anda tidak dapat mengatasi kecanduan untuk mengkonsumsi junk food, carilah kudapan yang sehat dan lezat sebagai alternatif.

Bagaimana tubuh membagi nutrisi dari makanan yang Anda makan untuk kebutuhan Anda dan bayi selama kehamilan tidak sepenuhnya dipahami oleh para dokter. Namun para ahli sekarang percaya bahwa pertumbuhan bayi akan terganggu jika ibu kekurangan nutrisi dalam dietnya. Nutrisi yang tidak memadai selama kehamilan diduga memiliki efek seumur hidup pada kesehatan bayi. Oleh karena itu pilihlah makanan kualitas bergizi baik daripada banyak makan secara sembarangan karena apa yang Anda makan sebelum dan selama kehamilan akan berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Seperti yang ditunjukkan penelitian Ilmuwan Belanda terhadap 4000 wanita hamil pada akhir trimester pertama (sekitar 12 minggu) yang diambil sampel darahnya untuk melihat kadar Vitamin B12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kadar vitamin B12 dalam dalam darah yang tinggi pada awal kehamilan, berpeluang tiga kali lebih besar memiliki bayi yang tenang dan puas, sementara mereka dengan tingkat terendah jauh lebih mungkin untuk memiliki bayi yang menangis selama setidaknya tiga jam sehari.

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam pengembangan otak dan sistem saraf untuk bayi yang belum lahir, dan juga penting untuk kesehatan darah. Vitamin B12 banyak ditemukan dalam daging merah, ayam, produk susu dan sereal.