Perubahan Fisik Remaja Wanita di Usia Puber

Seiring waktu berlalu tak terasa putra-putri kita pun menginjak usia remaja. Kini mereka bukan lagi anak-anak kecil. Menginjak usia puber, anak-anak akan mengalami perubahan fisik. Tubuh mereka tumbuh menjadi lebih tinggi. Hingga remaja wanita mulai memiliki fisik serupa dengan wanita dewasa. Berbagai perubahan fisik ini seringkali membuat remaja merasa bingung. Mereka membutuhkan penjelasan mengenai apa yang terjadi pada tubuh mereka sendiri. Pendampingan orangtua diperlukan agar para remaja wanita bisa menghadapi perubahan fisik yang terjadi dengan baik.

Salah satu perubahan fisik remaja wanita di usia puber adalah kelenjar minyak di bagian wajah remaja wanita mulai berproduksi lebih aktif. Akibatnya wajah remaja yang dulu halus mulus seperti bayi mulai dihiasi satu atau dua jerawat. Kadang-kadang jerawat yang muncul di wajah begitu banyak, hingga dirasakan sangat mengganggu. Mengatasi jerawat yang muncul di usia remaja bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan wajah.

Membesarnya payudara juga menjadi salah satu perubahan fisik remaja wanita di usia puber. Ukuran payudara yang tergolong besar kerap menyebabkan remaja wanita merasa risih. Berbagai komentar dan candaan mengenai ukuran payudara yang dimilikinya mendorong remaja wanita berusaha untuk menyembunyikan payudaranya yang mulai membesar. Misalnya dengan menggunakan kemeja atau kaos berukuran jauh lebih besar. Bisa juga dengan membungkukkan badannya saat berdiri atau berjalan. Sikap tubuh seperti ini tentu sebaiknya tidak dibiarkan, karena bisa berlanjut hingga mempengaruhi postur tubuh remaja.

Mulai tumbuhnya rambut di daerah intim juga menjadi tanda bahwa organ reproduksi remaja mulai matang. Kematangan ovum dan rahim ditandai dengan datangnya siklus menstruasi. Siklus ini kerap datang saat remaja masih berusia sepuluh atau sembilan tahun. Masa dimana kondisi emosional mereka masih kental dengan alam anak-anak. Hingga orangtua perlu menerangkan mengenai menstruasi agar remaja putri mendapatkan keterangan jelas mengenai siklus ini.  Begitu pula dengan kondisi organ reproduksi remaja yang mulai matang. Hingga remaja akan mendapatkan informasi mengenai perubahan fisik remaja wanita di usia puber.