Pertolongan Pertama Saat Anak Tenggelam

Menurut  Sejumlah penelitian di Amerika Serikat di temukan sebuah fakta, bahwa sebagian besar anak-anak di Amerika Serikat meninggal setiap tahun akibat tenggelam disengaja di kolam renang. Dengan demikian, kolam renang aturan keselamatan harus diikuti secara ketat baik oleh orang dewasa dan anak-anak. Jika anak Anda ingin pergi berenang, sebaiknya orang tua mendampingi dan perhatikan anak-anak saat berada di kolam renang. Apabila orang tua tidak ada waktu untuk menemani saat anak-anak pergi berenang, maka Anda harus bertanya keluarga atau pengasuh untuk menemani anak Anda. Anda juga harus menginstruksikan anak-anak Anda untuk tidak menyimpang terlalu jauh. Ingatkan anak-anak Anda untuk selalu waspada terhadap bahaya tenggelam saat berada di dalam renang, sebaiknya jangan berada terlalu jauh dengan orang lain di sekitar kolam renang, sehingga saat terjadi tenggelam akan segera mendapat pertolongan.

Langkah-langkah  untuk mengatasi anak tenggelam di kolam renang:

  • Segera angkat anak ke permukaan yang datar, kemudian posisikan anak dengan cara di gendong lalu rendahkan bagian kepala dari dada untuk mengurangi terhirupnya air.
  • Baringkan anak pada tempat yang hangat lalu bungkus dengan handuk
  • Guncangkan tubuh anak dan periksa responya, apabila anak dalam posisi sadar segera baringkan dalam posisi miring. Langkah ini untuk menghindari saat anak muntah maka cairan tidak akan masuk ke paru-paru
  • Apabila anak dalam posisi tidak sadar angkatlah dagunya dan lihat kedalam mulutnya, apabila ada hambatan yang terlihat segera singkirkan. Ada kemungkinan jalan pernafasan terhambat karena lumpuhnya otot-otot tenggorokan yang menyebabkan lidah jatuh ke bawah sehingga menutupi batang tenggorokan
  •  Periksa pernafasannya
  •  Periksa denyut nadinya
  •  Apabila anak tidak bernafas namun masih ada denyut nadinya berikan nafas buatan selama 1 menit, apabila denyut nadi semakin melemah lakukan MRC (Resusitasi Kardio Pulmoner)

Pertolongan pertama saat anak tenggelamSebagai orang tua atau pengasuh tidak perlu panik saat menemukan anak Anda tenggelam lakukan sesegera mungkin untuk melakukan pertolongan pada anak yang tenggelam di kolam renang.