Persiapan Kehamilan Kedua Di Usia Rawan

Wanita yang memasuki usia matang dan berencana ingin menambah anak harus sangat memperhatikan Persiapan Kehamilan Kedua Di Usia Rawan. Di jaman sekarang yang serba modern ini makin banyak wanita yang mengejar karir sehingga baru hamil saat usia sudah termasuk matang, bahkan sangat matang. Kehamilan di usia yang sudah sangat matang, yaitu sekitar 35 tahun ke atas dinilai lebih beresiko. Hal ini disebabkan karena dikhawatirkan fungsi organ dapat terganggu oleh perkembangan kehamilan. Pada usia matang, kehamilan juga dikhawatirkan akan mengalami berbagai komplikasi, belum lagi resiko saat melahirkan. Agar terhindar dari resiko-resiko tersebut, maka persiapan harus dilakukan dengan benar-benar serius.

Pregnant woman and the doctor

Fisik Yang Prima

Kondisi fisik yang prima merupakan suatu keharusan jika anda menginginkan untuk hamil lagi saat usia anda sudah tergolong matang, apalagi jika ini merupakan kehamilan anak kedua. Kesehatan dan kebugaran tubuh harus benar-benar dipersiapkan dan dijaga dengan baik. Hal ini dikarenakan tenaga tidak akan terkuras hanya untuk kehamilan saja, tetapi juga untuk dapat merawat anak pertama dengan baik, belum lagi suami yang juga harus dilayani.

Cara menjaga kesehatan dan kebugaran fisik sebagai Persiapan Kehamilan Kedua Di Usia Rawan adalah tentunya dengan berolahraga secara teratur. Teratur merupakan kata kuncinya karena jika tidak dilakukan secara teratur maka akan percuma saja. Porsi olahraga yang dilakukan cukup yang ringan saja. Wanita dengan usia yang sudah cukup matang memang tidak seharusnya melakukan olahraga dalam porsi yang berat karena dikhawatirkan akan mengalami cedera. Jadi cukup lakukan olahraga dengan porsi ringan namun teratur. Contohnya adalah jogging selama sekitar 30 – 45 menit sebanyak 3 kali seminggu.

Selain rajin berolahraga, menjaga kondisi fisik agar tetap prima menjelang kehamilan adalah dengan cara menjaga pola makan. Konsumsi makan yang sehat, mengandung gizi seimbang, cukup serat, rendah gula, dan rendah lemak. Konsumsi juga makanan dan minuman berkalsium untuk memperkuat tulang karena kehamilan akan merupakan beban berat bagi tulang. Wanita yang hamil pada usia matang beresiko mengalami gestational diabetes dan tekanan darah tinggi. Untuk itu menjaga pola makan yang sehat bahkan sedari sebelum hamil merupakan usaha untuk menurunkan resiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Mental Yang Stabil

Wanita berusia matang biasanya sudah memiliki mental yang cukup stabil, namun tidak menutup kemungkinan saat hamil emosinya akan naik turun sehingga menimbulkan stress. Inilah yang harus diantisipasi bagi wanita berusia matang yang sedang mempersiapkan kehamilannya. Sebaiknya tertanam kesadaran di dalam diri bahwa hormon saat hamil dapat mempengaruhi emosi, sehingga akan selalu ingat untuk selalu bersikap wajar dalam situasi apapun. Kesabaran seorang wanita yang sedang hamil kedua akan sangat diuji dikala badan merasa lelah karena beban perut yang semakin membesar sedangkan anak pertama membutuhkan perhatian ekstra, belum lagi kewajiban untuk mengurus suami. Dalam mempersiapkan kehamilan kedua, seorang wanita berusia matang hendaknya menata komunikasinya dengan anak pertama dan juga suaminya agar selalu terjaga baik dan terjalin pengertian diantara semua pihak.

Persiapan Kehamilan Kedua Di Usia Rawan memang cukup pelik karena banyaknya hal yang harus diperhatikan, namun dengan ketekunan dan kehati-hatian maka semua akan berjalan lancar.