Permainan Bayi Baru Lahir

Bermain merupakan sarana belajar bagi bayi yang baru lahir. Aktivitas sederhana dalam bermain dapat membantu merangsang perkembangan otak bayi. Bayi sudah bisa diajak bermain bahkan sejak dia baru lahir. Akan tetapi, jenis permainan bayi baru lahir tentu berbeda dengan permainan yang dilakukan bayi usia 1 tahun.

Memilih permainan yang tepat bagi bayi sebenarnya merupakan aktivitas gampang-gampang susah. Telah tersedia berbagai macam permainan dan alat bermain di pasaran yang sesuai usia anak. Namun, akan lebih baik jika seorang ibu dapat memanfaatkan benda di sekitarnya untuk dijadikan sebagai alat bermain yang menyenangkan dan bermanfaat.

Beberapa macam aktivitas yang dapat digolongkan sebagai aktivitas bermain yang dapat dilakukan seorang ibu kepada bayi yang baru lahir antara lain adalah:

  • Memanggil nama
    Membiasakan memanggil nama bayi dapat dimasukkan dalam kategori bermain sekaligus latihan. Permainan ini dapat berguna untuk melatih daya tangkap anak dan menstimulasi mereka untuk memberi respon kepada suatu perkataan.
  • Menyanyi
    Anak belajar dengan meniru, begitulah teori pembelajaran bayi. Dengan membiasakan bernyayi sebagai aktivitas permainan bayi baru lahir, seorang ibu berarti telah mengajak anaknya belajar mengenal kosakata baru serta melatih anak berbicara. Maka, penting bagi ibu untuk melafalkan tiap kata dengan pelafalan yang benar, karena itu yang akan diserap dan ditiru anak kelak.
  • Menggendong
    Bagi bayi yang baru lahir, ikatan emosi yang kuat terbentuk melalui aktivitas-aktivitas kecil seperti menggendong. Dengan membiasakan bayi berinteraksi dengan kita dan keramaian, itu akan membantu bayi tumbuh menjadi pribadi yang easy-going dan tidak canggung di keramaian.

Seiring pertumbuhan bayi, jenis permainan yang diberikan pun haruslah berbeda. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia mereka, perkembangan yang terjadi pun semakin bertambah. Memberikan stimuli atau rangsang sesuai usia akan bermanfaat untuk membiasakan mereka terhadap hal-hal yang harus mereka hadapi pada perkembangan usia mereka.

Berikut ini adalah beberapa permainan yang dapat diperagakan dengan bayi usia 0-6 bulan serta manfaatnya bagi perkembangan bayi.

  • Bermain buku bertekstur
    Memberikan buku bertekstur kepada bayi berarti anda memberikan media yang tepat pada bayi untuk mengasah indera perasanya.
  • Membuka bungkus
    Aktivitas membuka dan menutup kado juga dapat dipergunakan untuk mengasah rasa keingintahuan bayi. Selain itu, proses membuka kado juga akan melatih syaraf-syaraf motorik.
  • Kucing mengejar tikus (merangkak)
    Mengejar tikus adalah permainan yang anda lakukan di dalam rumah bersama bayi. Anda biarkan bayi mengejar anda dengan merangkak agar sistem gerak pada kaki bayi semakin terlatih dan kuat.