Perlukah Senam Hamil Untuk Usia Kandungan 9 Bulan

Bunda, sudah siapkah saat ini untuk melahirkan bayi bunda? Rasa dag did dug memang muncul bagi semua wanita yang akan menjalami kelahiran terutama anak pertama. Tapi senam hamil menjawab beberapa keluhan wanita hamil saat ini, dulu sih memang jarang wanita yang mau mengikuti senam khusus bagi wanita hamil. Tapi sekarang dengan banyaknya keuntungan wanita mengikuti senam hamil terutama saat kandungan berusia 9 bulan, maka bunda pun bisa mengikuti jejak mereka. Usia kehamilan 9 bulan, adalah usia yang selalu dinanti dan kurang beberapa saat saja seorang ibu akan melahirkan bayi. Jika ingin fisik ibu dan bayi sehat setelah melahirkan maka rajinlah melakukan senam hamil saat usia kehamilan tersebut.

Bagi yang akan melahirkan bayi untuk pertama kalinya, senam hamil ini sangat disarankan oleh dokter kandungan. Selain mengkonsumsi makanan yang seimbang saat kehamilan, juga harus rajin melakukan senam terutama bila kandungan menginjak usia 9 bulan. Saat usia kandungan masih muda, apakah perlu untuk melakukan senam hamil? Ya, perlu sekali dan sangat perlu bila senam hamil paada saat usia kandungan memasuki usia 9 bulan. Tapi sebagian wanita memang takut melakukan senam hamil karena takut janinnya tergangu. Memang jika melakukan senam dengan cara sendiri justru akan mempengaruhi janin dan diri ibu itu sendiri. Kalau usia kandungan masih muda, bisa dengan mudah melakukan berbagai gerakan senam hamil. Tapi saat usia kandungan menginjak 8 atau 9 bulan, aktivitas harus dikurangi sehingga memilih senam yang tepat juga sangat penting.

Konsultasi dokter kandungan sangat membantu untuk memilih gerakan senam hamil untuk usia kandungan 9 bulan. Pada dasarnya senam hamil sesuai anjuran dokter ini ada 4 tahap yang ditentukan oleh usia kandungan. Saat kandungan masih muda, gerakan dalam senam memang banyak kemudian seiring dengan bertambahnya usia kandungan gerakan senam dikurangi demikian juga pada tahap akhir saat usia kandungan 9 bulan. Usia ini kadang menuntut ibu hamil untuk menghentikan aktivitasnya. Jika dokter menyarankan untuk senam hamil dan memilih gerakan yang aman, ibu bisa melakukannya dengan instruktur yang tepat. Instruktur ini sangat membantu agar tidak ada kesalahan saat senam.

Berikut beberapa manfaat senam hamil untuk kandungan usia 9 bulan:

  • Menguatkan otot-otot tungkai, Senam hamil baik untuk menguatkan otot tungkai untuk menyangga tubuh dan janin yang ada dalam perut ibu hamil.
  • Menjaga kebugaran saat akan melahirkan, Kesehatan fisik atau kebugaran saat akan melahirkan sangat penting, dengan senam hamil ini akan membantu untuk tetap sehat dan bugar menghadapi kelahiran.
  • Mengurangi rasa takut saat melahirkan, Dengan mengurangi rasa takut untuk menghadapi saat-saat persalinan akan sangat membantu memperlancar proses melahirkan normal.