Perlukah Baby Walker?

Saat anak mulai belajar berdiri, orang tua atau pengasuh bayi akan mulai mempertimbangkan alat bantu untuk belajar berjalan, salah satunya adalah baby walker. Penggunaan baby walker ini sendiri masih mengundang kontroversi terkait dengan fungsi dan dampak negative yang ditimbulkannya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan baby walker, ada baiknya bila orang tua atau pengasuh bayi mengetahui terlebih dahulu nilai plus minus baby walker sebagai bahan pertimbangan.

Fungsi Awal Baby Walker

Baby walker pertama kali diperkenalkan pada umum sekitar awal tahun 1851. Fungsi utamanya adalah mencegah anak terjatuh saat sedang belajar berjalan tanpa bantuan orang dewasa. Produsen baby walker mengklaim bahwa alat ini dapat membantu mempercepat kemampuan berjalan pada anak. Adanya tambahan mainan menjadikan baby walker sebagai sarana belajar yang menyenangkan bagi anak. Bagi orang tua atau pengasuh anak, adanya baby walker mempermudah mereka untuk melakukan pekerjaan yang lain atau pun sekedar beristirahat sejenak sembari menjaga anak di saat bersamaan.

Plus Minus Baby Walker

Namun di samping berbagai keuntungan seperti tersebut di atas, penggunaan baby walker juga mengandung risiko yang dapat merugikan anak itu sendiri. Beberapa studi tentang penggunaan baby walker menunjukkan bahwa cedera yang dialami oleh anak-anak yang sedang belajar berjalan seringkali sebagai akibat terjungkalnya anak dari baby walker yang terbalik. Beberapa dokter spesialis anak menyatakan bahwa selain menyebabkan cedera otot, baby walker juga menyebabkan munculnya sifat ketergantungan anak pada alat bantu tersebut untuk bergerak. Hal ini justru memperlambat kemampuan anak untuk berjalan. Nilai minus baby walker ini menyebabkan beberapa pemerintah Negara bagian di Amerika Serikat melarang keras penggunaan baby walker, baik di rumah pribadi
maupun di tempat-tempat perawatan anak, serta mengeluarkan sanksi tegas bagi produsen, penjual atau pun penyedia baby walker di wilayahnya.

Di Indonesia sendiri tidak ada pelarangan untuk memproduksi dan menjual baby walker. Orang tua maupun pengasuh bayi yang memutuskan menggunakan baby walker perlu memberikan perhatian penuh pada anak saat sedang menggunakan baby walker. Jangan pernah meninggalkan anak sendirian saat sedang beraktifitas dengan baby walker-nya. Dengan demikian nilai plus dari penggunaan baby walker dapat dioptimalkan sekaligus meminimalisir nilai minusnya.