Perkembangan Masa Remaja Anak dengan Kebutuhan Khusus

Masa remaja adalah masa dimana seorang anak berada dalam rentang usia belasan tahun. Pada masa tersebut, anak belum bisa dikatakan dewasa, namun juga tidak bisa juga disebut sebagai anak-anak. Jadi kesimpulannya masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju ke masa dewasa.  Masa tersebut umumnya berada dalam rentang usia 13 hingga 21 tahun. Lalu, jika ditanyakan apakah ada perbedaan antara Perkembangan Masa Remaja Anak dengan Kebutuhan Khusus dan remaja normal? Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara anak remaja normal dengan mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Perkembangan Masa Remaja Anak dengan Kebutuhan KhususSebenarnya, apa sich yang dimaksud dengan anak dengan kebutuhan khusus itu? Anak berkebutuhan khusus tidak hanya bisa diartikan sebagai anak-anak yang tergolong cacat atau penyandang ketunaan, namun juga anak lantib dan berbakat. Sebagaimana pertumbuhan normalnya, anak-anak dengan kebutuhan khusus tentunya memiliki fase pertumbuhan yang sama dengan anak normalnya. Mereka juga mengalami perubahan fisik, psikis, dan juga pematangan fungsi seksualnya sebagaimana anak remaja normal.

Beberapa perubahan fisik terjadi sebagai tanda bahwa anak-anak telah memasuki usia remaja, misalnya : penambahan berat dan tinggi badan, perubahan pada bentuk tubuh, dan juga perkembangan organ seksualnya. Pada anak perempuan, masa remaja ditandai dengan menstruasi, sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Beberapa ciri-ciri lainnya yang juga sama, misalnya : perubahan suara, tumbuhnya rambut-rambut pada area tubuh tertentu dan membesarnya buah dada pada perempuan. Kondisi semacam itu tidak hanya dialami remaja normal, namun juga merupakan Perkembangan Masa Remaja Anak dengan Kebutuhan Khusus.

Sebagai orang tua, diharapkan mau mendampingi dan mengarahkan para remajanya agar tidak terjerumus pada perilaku negatif yang justru merusak diri remaja, keluarga, dan juga masyarakat sekitarnya. Langkah antisipasi untuk menghadapi gejolak masa remaja, antara lain :

  • Jalin komunikasi yang baik dengan anak
  • Berikan pemahaman tentang konsep diri
  • Kenalkan anak-anak pada adanya ruang yang bersifat pribadi dan umum
  • Kenalkan anak dengan perilaku yang pantas dan tidak pantas dilakukan
  • Ajarkan kepada anak tentang konsep perlindungan diri

Semoga informasi tentang Perkembangan Masa Remaja Anak dengan Kebutuhan Khusus diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.