Perkembangan Fisik Anak Usia 5 – 12 Tahun

Ingin tahu mengenai perkembangan fisik anak usia 5 – 12 tahun? Sebetulnya perkembangan setiap anak tentu berbeda karena salah satunya dipengaruhi oleh genetik. Misalnya anak yang satu jauh lebih tinggi dibandingkan anak Anda. Jangan salahkan anak atau pola makan Anak, Anda bisa melihat diri Anda sendiri, apakah Anda bertubuh mungil juga? Nah, kan?

Namun, kerapkali terjadi pertumbuhan anak yang signifikan yang membuat Anda terpana. Misalnya saja, mereka tidak memiliki orang tua yang tinggi namun sang anak tumbuh seperti pohon kelapa yang terus meninggi. Pola makan dan gizi memang bisa juga mempengaruhinya.

Beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan fisik anak adalah kesehatan, genetik, dan aktifitas sehat yang dilakukannya. Pada usia 5 tahun tentu berbeda dengan anak usia 12 tahun. Di usia 5 tahun si anak masih memiliki tubuh yang lurus, di usia 12 tahun anak mulai memiliki bentuk tertentu yang menjadi ciri khas jenis kelaminnya.

Pertumbuhan anak secara fisik akan terus berkembang mulai dari tinggi badan, kebiasaan yang melibatkan fisik, gigi yang tanggal dan berganti dengan gigi baru, bahkan untuk anak perempuan ada yang sudah haid di usia 11 tahun merupakan ciri-ciri bahwa fisik mereka terus tumbuh berkembang.

Untuk mengoptimalkan perkembangan fisik anak usia 5 – 12 tahun, Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang positif yaitu:

  1. Berolahraga bersama sambil bermain. Olahraga yang bisa menyehatkan dan melatih otot kaki sangat dianjurkan seperti bermain bola atau basket. Selain pertumbuhan fisiknya yang baik, anak juga akan belajar mengenai kompetisi dan kerjasama dengan baik.
  2. Berenang bersama bisa menjadi kegiatan yang menarik dan bisa menunjang tinggi badan anak Anda. Biasakan berenang minimal 1 minggu sekali dan kegiatan ini bisa memengaruhi keseimbangan tubuh anak Anda.
  3. Ajak anak Anda untuk bekerjasama membereskan rumah Anda. Kerjasama dengan anak Anda akan melatihnya untuk mandiri selain juga bisa semakin mempererat kedekatan Anda dan anak.
  4. Perkembangan fisik anak usia 5 – 12 tahun akan tumbuh dengan optimal jika terus Anda pantau dan Anda rangsang pertumbuhannya.