Perkembangan Emosi Anak 5-12 Tahun

Sebelum memasuki pembahasan mengenai cara pendekatan yang baik terhadap anak usia 5-12 tahun, ada baiknya kita mengenal perkembangan emosi apa saja kah yang terjadi saat usia 5-12 tahun dan apa bedanya dengan usia sebelumnya. Rentang usia ini disebut level usia menengah pada anak-anak. Pada level usia 6 tahun anak mulai memiliki keterikatan yang kuat terhadap orang tua, memiliki pengenalan mengenai emosinya dan bagaimana mengekspresikannya. Mulai usia 5 tahun anak mulai mengenal cara-cara menyembunyikan informasi yang bersifat rahasia, dan juga mereka sudah sangat paham apa perbuatan yang salah dan benar.

Pada usia 7-8 tahun, seorang anak mulai memperhatikan dirinya sendiri, dan juga mengenai pikiran dan emosinya. Pada usia ini juga anak mulai membandingkan dirinya dengan teman sebayanya, dan juga memperhatikan kemampuan dirinya dibandingkan teman sebayanya. Pada usia 9-10 tahun anak-anak sudah tidak tertarik dengan hal-hal berbau fantasi, mereka mulai terpengaruh dengan teman-temannya. Pada usia ini juga mereka sudah bisa merasa bersalah sehingga mereka merasa tidak perlu ditunjukkan mana yang benar dan mana yang salah.

Pendekatan Terhadap Anak Usia 5-12 Tahun

Setelah kita tahu apa saja yang berkembang dalam emosi seorang anak 5-12 tahun, kita bisa mulai memilih pendekatan yang tepat agar emosi anak dapat berkembang secara sehat. Seperti yang kita tahu pada usia ini seorang anak mulai mengenali dirinya, mulai mengetahui yang benar dan salah, perkenalkan aturan dan buat penerapan aturan tersebut semenarik mungkin agar anak anda tidak merasa terpaksa. Pada usia ini juga seorang anak berusaha menunjukkan kemampuannya kepada orang tuanya, pujilah jika anak anda melakukan hal yang baik, dengan demikian akan meningkatkan kepercayaan dirinya, ajarkan hal-hal yang mendukung kemandiriannya seperti menata kamar tidurnya, atau membereskan barang-barang miliknya sendiri. Pada usia ini anak akan merasa bersalah jika melakukan kesalahan, jangan menggunakan teguran yang keras, tapi gunakan hukuman sesuai aturan yang sudah disepakati. Teguran keras hanya akan membuat anak takut terhadap orang tua nya dan akhirnya ia akan berusaha menyembunyikan kesalahan yang dibuatnya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai perkembangan emosi anak 5-12 tahun, dengan adanya informasi ini diharapkan para orang tua menjadi tahu apa yang berkembang didalam emosi buah hatinya, dan memberikan pendekatan yang tepat sesuai dengan usia anak tersebut.