Periode Golden Age (Usia 0~24 Bulan)

Periode Golden Age (Usia 0-24 Bulan) balita anda. Pada usia 0-24 bulan, bayi mengalami sebuah masa yang disebut golden age atau periode emas. Sebenarnya apa yang disebut periode emas itu? Dan bagaimana cara mengoptimalkan otak pada periode golden age? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Apa itu Periode Golden Age (usia 0-24 bulan)?

Golden age merupakan suatu masa dimana otak bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat yang terjadi pada usia 0-24 bulan. Dikatakan periode golden age karena pada usia tersebut karena otak pada bayi berfungsi dengan baik sehingga mampu menyerap informasi hingga 100%. Semua bentuk informasi yang diterima bayi akan direkam dengan baik dan mempunyai dampak di kemudian hari.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Periode Golden Age (usia 0-24 bulan) Tersebut?

Setiap orang tua pasti menginginkan bayinya kelak menjadi anak yang cerdas bukan? Tahukah Anda bahwa periode golden age mempunyai pengaruh yang besar terhadap kecerdasan anak nantinya? Periode golden age merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengajarkan kepada bayi Anda mengenai segala hal tentang kehidupan meskipun sifatnya masih terbatas. Untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya di periode golden age, Anda perlu memberikan nutrisi otaknya dan memberikan stimulus yang berasal dari lingkungan terutama orang tua.

  • Pemberian stimulus (rangsangan. Salah satu bentuk stimulus yang baik untuk perkembangan otak bayi yaitu dengan memberikan mainan dan bacaan yang bermanfaat. Anda juga dapat memberikan stimulus berupa mengajak bayi untuk berbicara sehingga bayi akan cepat menyerap kosakata dan pandai untuk berbicara. Melalui penglihatan visualnya, bayi juga mampu menirukan apa saja yang dilihatnya termasuk tayangan televisi. Oleh karena itu dampingilah bayi Anda ketika menonton televisi sehingga apa yang dilihat maupun didengarnya tidak menyebabkan bayi Anda menjadi salah dalam bersikap ketika dewasa nanti.
  • Pemberian gizi yang cukup. Selain stimulus, Anda juga perlu memberikan gizi yang cukup untuk menunjang perkembangan otaknya. Dengan gizi yang cukup, otak bayi akan berkembang cepat dan optimal ketika mengolah informasi tentang apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya. Menurut para ahli, kebutuhan gizi otak pada bayi cukup dipenuhi dari pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Hal ini disebabkan ASI mengandung gizi yang sangat lengkap bagi pertumbuhan bayi. Jika Anda mampu memberikan stimulus dan gizi yang baik selama 0-24 bulan seperti di atas, maka memiliki anak yang cerdas bukanlah sebuah impian lagi.

Oleh karena itu Anda sebagai orang tua perlu perhatian dan kasih sayang yang banyak di periode golden age (usia 0-24 bulan) ini. Karena bagaimanapun periode golden age terjadi hanya sekali sepanjang hidupnya dan tak akan terulang kembali.