Perbedaan Tumbuh Kembang Balita

Ketika menginjak usia antara 2 hingga 5 tahun, tumbuh kembang balita akan mengalami perbedaan antara balita perempuan dengan balita lelaki. Perbedaan tumbuh kembang balita ini disebabkan oleh jenis hormon pertumbuhan yang berbeda antara balita perempuan dan balita lelaki. Tumbuh kembang balita lelaki dipengaruhi oleh hormon testosteron, sedangkan tumbuh kembang balita perempuan akan dipengaruhi oleh hormon esterogen, progesteron dan androgen yang terdapat dibentuk oleh jaringan tubuh.

Apa saja perbedaannya?

Berikut ini akan disajikan beberapa perbedaan tumbuh kembang balita antara balita perempuan dan balita lelaki sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Motorik.
    Tumbuh kembang balita lelaki akan lebih mengutamakan perkembangan sistem motorik kasar sedangkan balita perempuan cenderung mengutamakan perkembangan sistem motorik halus. Hal ini disebabkan balita lelaki lebih menyenangi aktifitas fisik dibandingkan balita perempuan.
  • Kognitif.
    Kemampuan kognitif balita lelaki akan berbeda dengan balita perempuan. Balita perempuan cenderung mempunyai daya ingat lebih panjang dibandingkan balita lelaki.
  • Berbicara.
    Balita perempuan akan cenderung lebih cepat berbicara dibandingkan balita lelaki, hal ini disebabkan kebutuhan afeksi yang lebih tinggi pada balita perempuan dan dipenuhi lewat komunikasi.
  • Kecerdasan spasial.
    Balita lelaki lebih cepat memiliki perkembangan kecerdasan spasial daripada balita perempuan. Balita lelaki akan lebih cepat mengingat perbedaan bentuk dan ukuran dibandingkan balita perempuan.
  • Emosi.
    Balita lelaki akan lebih ekspresif ketika mengungkapkan kemarahan, misalnya dengan melempar barang sedangkan balita perempuan akan lebih ekspresif ketika mengungkapkan kesedihan dan kekecewaan misalnya dengan menangis.
  • Psikologis.
    Balita lelaki akan cenderung memiliki gangguan psikologis lebih besar dibandingkan balita perempuan, misalnya autisme. Selain itu kesulitan dalam mempelajari sesuatu lebih sering ditemukan pada balita lelaki misalnya disleksia, diskalkulia dan disgrafia.

Demikianlah beberapa perbedaan tumbuh kembang balita antara balita lelaki dengan balita perempuan. Akan lebih baik apabila orangtua menyikapi dengan bijak tumbuh kembang balitanya. Jangan sampai menerapkan pola asuh yang salah sehingga dapat memicu tumbuh kembang negatif pada anak, terutama dalam segi psikologi dan emosi. Semoga bermanfaat.