Perawatan Bayi Penderita TB Paru

Cara perawatan bayi penderita Tb paru membutuhkan kejelian dan kesabaran orang di sekitarnya, utamanya peran orang tua. Seperti yang kita ketahui bahwa bayi tidak dapat berkomunikasi layaknya balita atau anak-anak. Sehingga orang tua yang memiliki bayi di rumah harus mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap kesehatan buah hati. Terkadang sebuah penyakit baru diketahui oleh orang tua sewaktu si kecil telah kesakitan dengan parah. Tentu saja kita sebagai orang tua tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada keluarga di rumah.

Tb paru atau yang lebih dikenal dengan Tubercolusa paru di dunia medis merupakan salah satu penyakit menular yang sering diderita oleh penduduk negara-negara miskin dan berkembang, seperti juga di negeri kita ini. Penyakit ini disebabkan oleh kuman/bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang tubuh manusia. Setiap orang dapat terkena kuman Mycobacterium Tuberculosis, bahkan data terakhir menunjukkan angka yang mengkhawatirkan yakni 3% hingga 6% rakyat Indonesia adalah pengidap penyakit Tb paru. Maka kewaspadaan terhadap penyakit Tb paru ini harus disosialisasikan kepada masyarakat secara luas.

Gejala Tb Paru pada Bayi

Perawatan bayi penderita Tb paru membutuhkan informasi mengenai gejala Tb paru tersebut. Adapun gejala dari Tb paru pada bayi diantaranya.

  • Bayi mengalami lebih dari 3 minggu batuk. Kadang tercampur oleh darah.
  • Badan bayi lemah. Gejala ini ditunjukkan dengan adanya nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan berat badan menurun.
  • Nafas pada bayi sesak serta nyeri dada.
  • Bayi mengalami demam lebih dari 1 bulan serta keluar keringat pada malam hari.

Cara Tepat untuk Perawatan Bayi Penderita Tb Paru

Setelah mengetahui gejala dari Tb paru, hal penting selanjutnya yaitu mengetahui perawatan bayi penderita Tb paru. Adapun
perawatan yang dapat dilakukan dalam Tb paru diantaranya sebagai berikut:

  • Minum obat Tb paru secara teratur. Bagi orang tua yang memiliki bayi dan mengalami Tb paru harus memperhatikan hal ini. Meminum obat Tb paru akan menjadikan bayi mampu bertahan menghadapi serangan penyakit Tb paru.
  • Anda harus merespon dengan cepat ketika bersin atau batuk untuk menutup mulut sang bayi.
  • Jangan lupa untuk menjemur tempat tidur sang bayi secara teratur.
  • Bayi harus mendapatkan udara segar serta sinar matahari yang cukup.

Demikianlah uraian mengenai penanganan yang dapat diberikan pada bayi penderita Tb paru. Semoga bermanfaat bagi Anda yang memiliki buah hati di rumah.