Peran Pola Asuh Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak (usia 5-12 tahun)

Membesarkan anak adalah pengalaman yang menantang dan juga menyenangkan. Cara kita mengasuh mereka dapat menentukan karakter mereka di masa datang. Jika kita tidak terbiasa mendisiplinkan anak, maka si anak pun kemungkinan tidak akan pernah menjadi anak yang disiplin sampai ia besar nanti. Peran pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter anak (usia 5-12 tahun) memang sangat penting. Anak tumbuh dalam dekapan keluarga yang mencintainya akan membuatnya menjadi orang yang peduli pada orang lain.

Orangtua jangan terlalu keras dalam mendidik anak dan juga tidak terlalu longgar. Karena jika kita terlalu keras pada anak, si anak akan merasa stres dan tidak betah di rumah. Ia akan mencari yang tidak didapatkannya itu di luar rumah dan kemungkinan ia akan bergaul dengan orang yang salah dan menjadi seperti mereka. Dan juga jika kita terlalu longgar, si anak akan seenaknya dalam berbuat. Ini semua berperan dalam membentuk karakter si anak.

Peran pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter anak (usia 5-12 tahun) merupakan hal yang luar biasa. Orangtua harus dapat menghindari komunikasi negatif kepada anak. Jangan pernah merendahkannya, karena itu dapat berpengaruh pada kesehatan mentalnya. Berilah pujian meskipun misalnya hasil yang didapatkannya tidak memuaskan Anda. Berdialog dengan anak untuk memberitahukan keinginan Anda terhadap anak dan juga untuk mendengarkan keinginan anak Anda. Membuat peraturan di dalam rumah yang mana peraturan ini harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga. Selain peraturan, tulislah juga apa hukuman jika tidak melakukannya. Hal ini akan membawa anak ke arah kedisiplinan dengan begitu anak akan terbiasa dengan mematuhi aturan-aturan.

Orangtua pun harus menunjukan perbuatan yang baik pada mereka. Jika ada pertengkaran-pertengkaran kecil antara suami istri hendaklah tidak dilakukan di depan anak karena akan mempengaruhi mentalnya. Peran pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter anak (usia 5-12 thn) menjadi hal utama sebelum mereka bergaul di luar rumah.